Sejarah Mengenai Kopi Luwak

Sejarah Mengenai Kopi Luwak - Sudah banyak yang saya temukan para penggemar Kopi yang satu ini yang merupakan Kopi termahal dari pada yang lain. Namun tidak banyak pula yang mengetahui bagaimana Sejarah dan Asal Usul terbentuknya Minuman berkwalitas tinggi ini. Kopi Luwak merupakan Seduhan kopi menggunakan Biji dari sisa kotoran Luwak atau Musang yang dimana sangat diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan binatang tersebut.

Gambar Kotoran Luwak | Berita Informasi Terbaru dan Terkini
Sumber Gambar : Internet - Google

Kopi ini sebenarnya sudah dikenal sejak Jaman Kolonial Belanda. Asal mula nya ternyata tidak lepas dari sejarah pembudidayaan tanaman kopi di yang ada di Indonesia. Pada awal Abad ke-18, Belanda membuka perkebunan Tanaman Komersial di Hindia-Belanda terutama di Pulau Jawa dan Sumatera. Salah satunya adalah Bibit Kopi Arabika yang didatangkan dari Yaman.

Pada era "Tanam Paksa" atau Cultuurstelsel (1830-1870), Belanda melarang pekerja perkebunan (Pribumi) memetik buah Kopi untuk di konsumsi secara pribadi. Tetapi penduduk pribumi ingin sekali mencoba minuman kopi yang terkenal itu dan mengetahui bagaimana rasanya. Karena keinginan itu pekerja perkebunan mencoba untuk memungut Biji Kopi yang tercecer di tanah.

Pada perkembangannya para pekerja menemukan bahwa ada Sejenis Binatang Luwak yang sangat Gemar memakan buah Kopi ini. Namun hanya daging buahnya saja yang tercerna di perut binatang (Musang) itu, kulit ari dan biji kopinya masih tetap utuh yang keluar bersama kotoran luwak tersebut. Biji kopi dalam kotoran luwak itu lalu dikumpulkan, dicuci, kemudian diolah menggunakan peralatan yang sederhana. Kopi itulah yang kini disebut Kopi Luwak.

Ternyata Minuman mahal ini memiliki rasa yang berbeda dan luar biasa setelah di Minum oleh para Pekerja di perkebunan itu. Kabar mengenai kenikmatan Kopi Luwak tersebut akhirnya tercium oleh Warga Belanda pemilik perkebunan, kemudian kopi ini menjadi kegemaran orang Kaya Belanda. Karena kelangkaannya serta proses pembuatannya yang tidak lazim, kopi luwak menjadi kopi termahal sejak jaman kolonial Belanda.

Musang ini memiliki kebiasaan mencari buah-buahan terbaik dan tua termasuk Buah Kopi sebagai makanannya. Dengan Indera penciumannya yang peka, Binatang ini akan memilih Buah kopi yang benar-benar matang secara Optimal sebagai makanannya. Biji kopi yang masih dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran. Hal ini terjadi karena Luwak memiliki sistem pencernaan sederhana, sehingga pencernaannya tidak mampu mencerna makanan keras. Biji tersebut sering diburu para Petani, karena diyakini berasal dari Biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam sistem pencernaan Musang.

Gambar Musang yang Memakan Kopi | Berita Informasi Terbaru dan Terkini
Musang Memakan Kopi

Bersambung ke bagian : Sejarah OS Android

Itulah Sejarah singkat mengenai Bubuk Minuman yang sangat terkenal ini. Walaupun Harganya yang sangat mahal namun Kandungan nya sangat Sehat untuk Tubuh kita. Baiklah demikian dulu informasi yang dapat saya berikan kepada para sahabat NetterKu sekalian. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman anda yang berada di Facebook, Twitter dan Google+. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel review ini, Thanks!