Tentang Tipe Bisnis B2B, B2C, C2C, B2B2C dan B2E

Tentang Tipe Bisnis B2B, B2C, C2C, B2B2C dan B2E - Sekarang ini memang zamannya sudah Bisnis Online, sudah banyak Perusahaan yang memiliki Bisnis Online sendiri karena sudah terbukti memiliki banyak kelebihan. Apalagi saat ini dan mungkin untuk hari yang akan datang perkembangan teknologi sudah begitu pesat. Tidak ada lagi orang yang tidak mengenal akan Internet, anak SD saja sudah mengerti dan memahami bagaimana cara menggunakannya. Maka dari itu, Bisnis Online juga akan menjamur seperti itu dan perkembangannya tidak akan dapat di batasi.

Kumpulan Tipe Bisnis yang di minati di Indonesia | Berita Informasi Terbaru dan Terkini
Sumber Gambar : Internet - Google.com

Pada awal pertumbuhan Bisnis, sudah banyak Tipe yang di terapkan dalam melakukan kegiatan ini. Namun tidak bertahan hanya dalam 1 atau beberapa Tipe Bisnis saja tetapi menjadi tumbuh karena melihat setiap kebutuhan para Konsument. Dari beberapa Tipe yang anda ketahui, apakah anda sudah memahi akan arti dan maksud dari tipe tersebut? maka kali ini akan saya terangkan satu persatu mengenai Informasi Terbaru ini, langsung saja anda baca ulasan yang saya berikan di bawah.

# B2B ( Bussines to Bussines )

Tipe Bisnis B2B merupakan Transaksi secara Elektronik antara Entitas atau Obyek bisnis yang satu ke Obyek bisnis yang lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa B2B adalah

- Disebut juga transaksi antar perusahaan.
- Transaksi menggunakan EDI dan E-Mail untuk pembelian barang dan Jasa, Informasi dan Konsultasi
- Digunakan untuk pengiriman dan permintaan Proposal Bisnis.

EDI adalah singkatan dari Electronic Data Interchange merupakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi komputer, antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati sesama perusahaan tersebut.

# B2C (Bussines to Consument )

Tipe Bisnis B2C merupakan kegiatan E-Businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di Internet dan pemesanan dapat langsung dilakukan oleh konsumen karena biaya sudah tercantum. Kelebihan dari B2C ini adalah

- Disebut dengan transaksi pasar
- Konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui Publikasi
- Membeli dengan Electronic Cash dan Sistem Secure Payment
- Memintaagar barang dikirimkan

# C2C ( Consumer to Consumer )

Tipe Bisnis C2C merupakan Model E-Commerce yang menjamur di Indonesia digital indonesia saat ini. Contoh dari C2C adalah Iklan baris dan toko-toko buku online dadakan (dimiliki oleh Individu yang umumnya memanfaatkan layanan Blog Gratis seperti Blogspot, Wordpress, Blogdetik, MyWeblog DLL). C2C ini terjadi ketika seorang individu melakukan penjualan produk/jasa langsung kepada individu lainnya.

# B2B2C ( Bussines to Bussines & Bussines to Consument )

Tipe Bisnis B2B2C merupakan Campuran dari keduanya, di mana terdapat perusahaan yang menyediakan produk/jasa mereka kepada klien/agen dan di lain sisi klien/agen tersebut juga mempunyai customer tempat mereka menjual produk/jasa tersebut.

# B2E ( Bussines to Employee )

Tipe Bisnis yang terakhir B2E merupakan Layanan yang disediakan sebuah perusahaan pada karyawannya untuk memudahkan urusan karyawan dengan perusahaan. Misalkan seorang karyawan yang ingin mengambil cuti, tidak perlu lagi menghadap bagian kepegawaian. Ia dapat mengakses situs resmi perusahaan dan mengajukan permohonan cuti tersebut. Atau seorang karyawan yang ingin mendapatkan tunjangan kesehatan karena dirawat di rumah sakit, cukup mengakses situs resmi perusahaan dan mengisi formulir secara online.

Cukup sekian dulu yang dapat saya berikan kepada sahabat Netterku yang sudah atau baru saja ingin mengikuti kegiatan Bisnis Online. Semoga dapat menambah ilmu anda sekalian dan jangan lupa di bagikan kepada sahabat Netter yang lain. Sekian dari saya admin Blog Netterku.com dan terima kasih sudah membaca artikel Mengenai Tipe Bisnis B2B, B2C, C2C, B2B2C dan B2E, Thanks!

Subscribe to receive free email updates: