Kenapa Laptop Baru semakin Hari semakin Lambat?

Kenapa Laptop Baru Anda semakin Hari Kok semakin Lambat? - Ini merupakan sebuah pertanyaan yang sederhana yang sering kita alami di Komputer atau Laptop kita masing-masing. Mengingat ketika 2 Tahun yang lalu setelah membeli Laptop (Acer Aspire 4740 - Processor Intel Core i3 - RAM 1GB - HDD 320GB) yang saya gunakan ini cukup membuat saya puas dengan Kecepatan yang dimilikinya, tetapi sekarang? saya meski bersabar ketika membuka beberapa Program yang cukup besar untuk dijalankan.

Tips Perawatan Komputer yang Terbaik | Berita Informasi Terbaru dan Terkini
Sumber Gambar : Internet - Google

Baca kesana-kesini artikel dan Searching di Internet sampai pegal ternyata kurang memuaskan saya dengan jawaban-jawaban yang telah di berikan, sampai-sampai mencari Tips dan Trik untuk mempercepat Komputer/Laptop. Tetapi di balik kekurang puasan itu saya memperoleh Ilmu dan juga menambah ketelitian saya untuk melihat Lebih dalam mengenai Laptop yang saya gunakan ini. Disini saya dapat menyimpulkan beberapa hal yang dapat menjadikan Komputer saya menjadi Lambat, apa saja hal tersebut? Mungkin hal di bawah ini yang menyebabkannya.

# 1. Harddisk yang terlalu Penuh dan Jarang di Fragmented.

Jika Harddisk Laptop anda terlalu penuh lebih dari kira-kira 80 persen terisi, atau terlalu renggang file-file nya, ternyata bisa membuat PC menjadi sangat lambat, khususnya jika anda tidak mempunyai banyak RAM (di bawah 1 GB). Anda dapat menggunakan http://www.mydefrag.com yang gratis untuk saat ini, untuk merapatkan file-file pada harddisk anda.

Jika Harddisk anda mulai penuh dan Defragging tidak membantu, anda mungkin harus membuat keputusan menghapus atau pindahkan file anda ke media Penyimpanan lain atau ke Harddisk Eksternal.

# 2. Hindari Install program Baru yang tidak berguna.

Software sering bertentangan dengan Hukum Moore "Hardware semakin cepat, Software semakin lambat". Jika anda Install Vista dan Program aplikasi Office 2007 dan Photoshop CS4 serta program AutoCAD edisi terakhir ini akan membuat PC anda menderita. Kenapa begitu? karena Program di atas adalah salah satu Program yang berkapasitas besar yang memakan memory dengan banyak.

# 3. Amati Software Antivirus anda.

Gunakanlah hanya 1 Antivirus yang Ringan dan Terpercaya saja dan selalu lakukan Update untuk memperbaiki yang rusak. Banyak orang sekarang menggunakan beberapa Antivirus dalam 1 PC, sering mereka menggabungkan Antivirus Local dan Produk Import, seperti Ansav dan Avast, PC-Mav dengan Avira. Ini merupakan sesuatu yang salah. Karena produk Antivirus tidak dapat berjalan secara bersamaan dan akan menurunkan kecepatan PC anda lebih dari 30%.

Menurut www.virusbtn.com Produk dari Avast (www.avast.com) merupakan Antivirus dengan kecepatan Scanning tertinggi dan juga sangat akurat untuk Virus-virus lokal. Dan ingat anda tidak perlu menginstall keseluruhan Engine dari Antivirus, misalnya Network Shield, Toolbar, karena ini tidak berguna bila PC anda tidak terhubung ke Network.

# 4. Kurangi Program Autoloader.

Program Antivirus anda mungkin tidak satu-satunya program yang aktif secara Otomatis. Coba perhatikan pada "System Tray" ada berapa jumlah program yang anda Install yang menjadikan mereka terinstall pada windows Startup, dan dapat menjadikan PC anda lambat. Lihat mengapa proses booting lambat? Hal ini dikarenakan Banyaknya Program Autoloader pada System Tray.

# 5. Jangan gunakan Wallpaper yang melebihi ukuran Display Monitor.

Kadang anda memphotret pemandangan atau Photo keluarga, kemudian memindahkannya ke Desktop anda sebagai Wallpaper tanpa di Edit. Tahukah anda sebuah Photo yang diambil dengan Kamera Digital 5 Megapixels akan menghasilkan sebuah gambar dengan resolusi 2592 x 1944 Pixels? jauh melebih Resolusi Monitor atau Display Notebook anda yang mungkin hanya mencapai 1280 x 1024 Pixels. Gunakan Photoshop atau Program Editing Photo untuk merubah ukuran Photo sebelum menjadikannya sebagai Desktop Wallpaper.

Bersambung ke bagian : Perbedaan Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit

Dengan membaca beberapa hal yang dapat membuat Laptop menjadi lambat di atas, saya rasa anda sekarang harus bekerja untuk memperbaiki kesalahan-kesalah yang telah anda lakukan. Sehingga lemot di Komputer anda akan berkurang. Perlu anda ketahui juga, bahwa Usia Sistem Operasi juga sangat berpengaruh ke hal ini. Saya pernah baca buku kalau disana ada tertulis usia maksimal OS itu adalah 1 Tahun dan setelahnya anda boleh Install ulang. Sekian dulu dari saya dan sampai ketemu di lain waktu, Thanks!