Kesalahan Blogger dalam Tukar Menukar Link

Kesalahan Blogger dalam Tukar Menukar Link - Seperti yang anda ketahui, bahwa tukar menukar link atau Tautan Blog (Backlink) sudah menjadi kebiasaan Blogger sejak lama selain melakukan kegitan Blogwalking. Selain meningkatkan PageRank Blog dan Menambah Backlink, tukar menukar link juga dapat mempererat komunikasi dan hubungan di antara Blogger yang melakukan hal tersebut. Sehingga dengan kejadian ini juga banyak Blogger yang tidak mengenal satu sama lain mejadi lebih akrab dan dapat salin berbagi ilmu.

Tukar Menukar Link
Sumber Gambar : Internet - Google.com

Namun tahu tidak kalau sebenarnya, Google melarang untuk melakukan Tukar menukar Link karena akan di anggap sebagi Link Spam yang terkumpul dengan jumlah yang banyak. Sesuai dengan judul artikel ini, maka berikut merupakan beberapa kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dalam melakukan tukar menukar link demi meningkatkan pagerank blog mereka.

(*) 1. Mengumpulkan Link dalam Satu Halaman.

Membuat sebuah halaman khusus untuk mengumpulkan link atau tautan dari program tukar menukar link merupakan sebuah kesalahan besar. Search engine akan mudah mendeteksi halaman tersebut dan langsung berasumsi bahwa Anda melakukan tukar menukar link atau Link Exchange. Padahal skema "Link Exchange" merupakan hal ilegal yang tidak boleh dilakukan menurut ketentuan dari Google. Untuk menghindari hal ini, lebih baik tempatkan link-link tukar menukar di Sidebar atau di Footer blog Anda (Contoh : di Blog NetterKu.com) karena pada umumnya link yang diletakkan di posisi tersebut di anggap sebagai Link Partner.

(*) 2. Tukar Menukar Link dengan Blog yang Tidak Relevan.

Seperti yang telah dinyatakan Google di pertanyaan di atas, tidak hanya kuantitas, kualitas dan relevansi link menjadi indikator utama dalam penentuan Pagerank sebuah Blog. Karena itu blog dengan topik umum dan luas akan lebih cepat untuk mendapatkan peringkat karena tukar menukar link di kategori ini dianggap Relevan.

(*) 3. Tukar Menukar Link Tanpa Konfirmasi Ulang.

Inilah kesalahan yang sering dilakukan Blogger pemula. Dia memasang link blog lain terlebih dahulu tanpa melakukan check ulang ke blog lain tersebut. Bisa-bisa pengelola blog lain tersebut lupa atau bahkan tidak menghiraukan tukar menukar link. Maka dari itu sebaiknya Anda melakukan konfirmasi dan pengecekan secara rutin terhadap link Anda di blog lain.

(*) 4. Menggunakan Anchor Text yang Tidak Relevan.

Penggunaan Anchor Text yang sesuai dengan blog juga mempengaruhi ranking Anda. Gunakan anchor text yang sesuai dengan blog. Gunakan keyword-keyword utama blog Anda di anchor text sebelum melakukan tukar menukar link. Misalnya saya menggunakan "Berita Terbaru" untuk link yang mengarah ke www-netterku.com.

(*) 5. Tukar Menukar Link Hanya dengan Blog Page Rank Tinggi.

Memang benar tukar menukar link dengan blog berpagerank tinggi mempengaruhi peringkat sebuah Blog. Namun seperti yang telah disebutkan oleh Google, selain itu ada faktor lain seperti Kuantitas, Kualitas dan relevansi yang mempengaruhi penilaian Google.

Itu saja saya rasa kesalahan yang sering dilakukan oleh sobat Blogger sekalian. Masih banyak saya temukan blog yang menerapkan kesalahan di atas di luaran sana, saya rasa mungkin mereka perlu membaca artikel ini. Sampai disini dulu informasi yang dapat saya bagikan, semoga dapat bermanfaat untuk anda. Sekian dari saya dan sampai ketemu di lain waktu di website NetterKu.com, Thanks!