Tips Mengatur Jam Kerja yang Efektif

Tips Mengatur Jam Kerja yang Efektif - Untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan dan memperoleh hasil yang sempurna adalah hal yang diharapkan setiap orang. Sebuah Manajemen waktu yang baik sangat berperan penting dalam kegiatan ini. Karena sebuah kesuksesan itu di pengaruhi oleh jam kerja yang lebih efektif dan diperlukan sebuah manajemen yang dapat mengatur waktu anda. Banyak orang yang menjalani Bisnis Online di Internet hanya menghabiskan waktu di depan Komputer setelah itu kelelahan namun hasil yang di Capai adalah 0.

Atur Jam Kerja anda dengan Baik - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet

Terkadang ada saat ketika kita merasa kewalahan untuk mengatur waktu kerja. Maka di Blog NetterKu.com ini akan saya bagikan Tips praktis dalam manajemen waktu yang baik, sehingga diharapkan anda bisa bekerja dengan lebih Efektif dan Produktif. Berikut adalah point penting yang perlu anda pahami dan praktekkan.

)::( 1. Mencatat Aktifitas yang dilaksanakan.

Buat sebuah Jurnal yang mencatat setiap aktifitas yang anda lakukan dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Buat sedetail mungkin dan Jujur. Jika anda menghabiskan 10 menit untuk membaca sebuah E-Mail pribadi anda atau lebih, dan untuk 'ngobrol' di telepon, maka tulislah. Buat jurnal aktifitas setiap hari paling tidak selama satu Minggu.

)::( 2. Analisa Aktifitas Tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memilah Aktifitas yang memang menjadi tugas dan seharusnya tidak anda lakukan. Analisa prioritas untuk tiap Aktifitas anda, aktifitas mana yang bisa didelegasikan, aktifitas yang memakan waktu lama, aktifitas yang tidak produktif dan lain sebagainya.

)::( 3. Melihat kembali Deskripsi Pekerjaan.

Apakah aktifitas kerja anda sehari-hari sesuai dengan Job Description yang tertera di kontrak kerja? Apabila ternyata pekerjaan anda selama ini telah melenceng jauh dari Deskripsi kerja, maka segeralah diskusikan hal ini kepada atasan. Jangan lupa membawa jurnal kerja anda dan deskripsi kerja sebagai perbandingan. Memahami tugas dan tanggung jawab anda sebagai seorang Professional adalah dasar untuk mengelola waktu anda dengan Efektif.

)::( 4. Tuliskan Target Pencapaian untuk Perhari, Perminggu, dll.

Daftar target dalam bentuk tertulis sangat membantu anda untuk menyusun rencana dan strategi yang harus anda jalankan untuk meraihnya. Selain itu, daftar ini akan jadi pemacu dan pengingat tentang target tersebut.

)::( 5. Mengurangi Aktifitas yang tidak dalam Top Priority.

Dengan Jurnal yang sebelumnya telah anda buat yang dengan detail memuat jenis aktifitas, prioritas dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, singkirkan aktifitas yang tidak perlu dikerjakan. Dengan demikian anda mempunyai waktu lebih untuk mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan deskripsi kerja anda.

)::( 6. Membuat Daftar Pekerjaan yang di kerjakan setiap hari.

Memang terlihat sederhana, namun daftar ini membantu anda untuk disiplin mengerjakan pekerjaan anda tiap hari. Dengan demikian anda akan tahu esok harinya akan mengerjakan bagian yang mana dan besar kemungkinan pekerjaan tersebut akan cepat terselesaikan.

Namun, akan selalu ada hambatan dalam menjalankan strategi manajeman waktu seperti di atas. Ketika anda melewatkan jadwal yang sudah anda atur, maka pekerjaan yang akan anda kerjakan akan terus menumpuk. Ingatlah bahwa anda bertanggung jawab atas hasil kerja yang anda lakukan. Dengan berjalannya waktu, anda akan terbiasa dan mahir mengelola waktu kerja, sehingga tidak pernah lagi ada keluhan yang datang.

Bersambung ke bagian : Cara Mengatasi Pacar yang Suka Cemburu

Dengan demikian manfaatkan waktu anda semaksimal mungkin, karena waktu yang lalu tidak akan pernah terulang kembali. Silahkan anda bagikan kepada sahabat Netter yang lain kalau artikel ini bermanfaat untuk di baca, dan Tunggu informasi lebih menarik di Blog NetterKu.com. Sampai ketemu di lain waktu dan jangan lupa mampir kembali. Thanks!