Tips Melindungi Komputer dari Virus

Tips Melindungi Komputer/Laptop dari Virus Berbahaya - Ini adalah sesuatu yang paling sering di alami oleh seorang pengguna Komputer. Tapi bagi yang sudah Mahir saya rasa yang seperti ini tidak akan jadi Problem. Dan bagaimana dengan anda yang masih terjun di Dunia Komputer, mungkin solusi yang terbaik di pikiran anda adalah dengan melakukan Service yang mengeluarkan biaya. Hilangkan kebiasan yang seperti itu, dan mari kita belajar bersama mengatasi masalah yang di alami oleh PC kita. Sehingga nantinya kita memperoleh pengetahuan yang banyak mengenai Komputer.

Ketika Virus mulai datang ke Komputer anda - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan Virus/Trojan/Warm di laptop yang sudah terlanjur terinfeksi, bisa dengan cara melakukan Sharing Laptop tersebut untuk discan dengan Komputer/laptop yang bersih yang memiliki antivirus yang selalu terupdate. Ini mungkin tahap yang terlalu tinggi buat anda, saya sendiri belum pernah mempraktekkannya. Tapi kejadian ini pernah saya saksikan sendiri ketika dulu saya PKL (Praktek Kerja Lapangan - Khusus SMK) di salah satu cabang PT. Telkom Indonesia (Medan).

Ketika itu Komputer yang digunakan teman saya terjangkit virus, dan dia melaporkannya ke salah satu Pegawai di Perusahaan tersebut. Setelah itu kami menyaksikan Komputer yang terjangkit tersebut bekerja sendiri atau di Control dari lokasi lain untuk di Scanning. Itu dulu pengalaman saya, tapi buat anda yang ingin Komputernya tidak terserang virus praktekkan tips yang ada di bawah.

/*. Gunakanlah Antivirus yang terekomendasi bagus dan handal. Anda bisa menggunakan antivirus yang tersedia gratis di Internet. Atau kalau masih ragu dengan antivirus yang free, anda bisa juga menggunakan antivirus yang berbayar. Buat yang dompet tebal ini mungkin tidak akan jadi permasalahan yang serius. Dan ingat, seringlah melakukan update antivirus supaya virus-virus yang baru saja lahir dapat di musnahkan.

/*. Bila menggunakan antivirus berbayar, maka sebaiknya pastikan antivirus tersebut mempunyai Perwakilan atau Center di Indonesia (Lokal), hal ini cukup penting bila terjadi masalah pada antivirusnya. Bahkan antivirus yang mempunyai perwakilan di Indonesia akan lebih cepat mengupdate bila ada serangan virus lokal.

/*. Lakukanlah Backup data secara rutin. Hal ini akan mencegah anda kehilangan data penting apabila komputer anda secara tiba-tiba terinfeksi virus. Jika anda sering menggunakan Flashdisk, Harddisk Eksternal, pada komputer/laptop yang dipakai oleh banyak orang, ingatlah selalu untuk melakukan Scanning antivirus pada media penyimpanan tersebut sebelum anda membukanya.

/*. Waspadalah terhadap sebuah Lampiran/Attachment E-Mail. Sampai saat ini, lampiran email merupakan sarana yang paling disukai oleh pembuat virus untuk menyebarkan Virus buatannya. Disamping mudah menipu penerima email, penyebaran via lampiran email juga berlangsung sangat cepat. Kalau anda sedang unduh lampiran melalui Browser Chrome kemungkinan akan ada pemberitahuan bahwa file tersebut terinfeksi virus atau tidak. Jangan pernah membuka suatu lampiran email sebelum melakukan scanning dengan Program antivirus.

/*. Berhati-hatilah saat unduh Program gratisan yang banyak ditawarkan di internet. Selalulah mengunduh dari situs yang terpercaya berdasarkan review banyak orang. Lakukan scanning installer program tersebut sebelum dipasang di Computer.

/*. Saat anda sedang berselancar (Browsing) di Internet, maka sebaiknya berhati-hati terhadap website atau link yang disebar via Program messangger. Dan kalau anda menggunakan antivirus selalu aktifkan opsi keamanan saat berinternet. Perlu juga anda ketahui bahwa Internet adalah media penyebaran yang cukup besar, maka anda harus berhati-hati.

/*. Pastikan Sistem Operasi yang anda gunakan selalu dalam keadaan Terupdate (Metode ini berfungsi buat anda yang menggunakan Operating System yang Original, tapi yang bajakan lewatkan saja tips yang satu ini). Karena kenyataannya celah keamanan selalu ditemukan oleh pembajak atau sang pembuat virus itu sendiri. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sistem operasi harus selalu dalam keadaan Terupdate. Disamping mengamankan dari serangan virus, melakukan update sistem operasi juga akan membuat laptop atau komputer berjalan dalam keadaan stabil.

Cukup sudah tips yang dapat saya share kepada sahabat NetterKu sekalian. Dengan harapan PC anda tidak akan di serang virus bandel. Namun bila Komputer anda sudah benar-benar terjangkit dan OS nya juga sudah terserang, serta Antivirus tidak lagi mampu mengatasinya, maka trik terakhir yang harus anda lakukan adalah menginstall ulang Sistem Operasi PC anda. Sekian dulu yang dapat saya tulis, jangan lupa untuk membagikannya kepada sahabat yang lain, sampai ketemu di lain waktu di Blog NetterKu.com, Thanks!