Tips Menghindari Kejahatan di Facebook

Tips Menghindari Kejahatan di Facebook.com - Ini merupakan salah satu Jejaring Sosial yang kini mulai marak di akses oleh setiap lapisan masyarakat, terutama buat kalangan Remaja yang masih dalam proses pertumbuhan. Hampir tidak ada lagi di antara kita yang tidak mengenal situs milik Mark Zuckerberg yang beberapa akhir tahun ini pertumbuhannya selalu saja meningkat, baik dari sisi Pengguna maupun Iklan. Tidak jarang pula di televisi swasta Indonesia banyak yang menyiarkan Berita tentang kasus Kejahatan melalui SosMed ini yang kini juga mulai merebak di tengah masyarakat. Contoh kasus yang sudah pernah terjadi adalah Penculikan, Perdagangan Wanita bahkan sampai Pembunuhan.

Cara Terbaik Untuk Menghindari Kejahatan di Facebook - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan situs facebook, yang salah adalah kita sebagai para pengguna dari website tersebut yang tidak menggunakannya dengan baik. Sehingga tidak ada orang yang berhak mengharamkannya. Bagaimanapun juga, selalu ada sisi positif di balik sisi negatif penggunaan tersebut. Untuk menghindari kejahatan yang saya beritahukan di atas, mungkin beberapa tips dari admin NetterKu.com bisa memberikan sedikit pencerahan agar terhindar dari kejahatan melalui FB. Berikut adalah tips-nya.

# 1. Bersikap Kritis dalam Segala hal.

Remaja cenderung mudah Falling in Love (Jatuh Cinta), percaya terhadap orang lain, dan sering mengalami fantasi yang mustahil untuk dilupakan. Disinilah titik lemah remaja yang dapat dimanfaatkan penjahat melalui Jejaring sosial ini. Dengan kita bersikap kritis terhadap segala hal, mempunyai dasar benar atau salah, boleh atau tidak boleh, maka kita tidak akan mudah terjerembab pada hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab kita tidak hanya melihat atau terlibat, tetapi kita akan bertanya terlebih dahulu, apakah ini baik atau tidak.

# 2. Hindari Pencarian Jodoh di Facebook.

Dari sekian banyak hal yang menarik perhatian, masalah cinta adalah yang paling mengundang rasa ingin tahu. Jangan tertipu dengan profil seseorang di facebook, karena bagaimanapun facebook bisa mengkamuflasekan seseorang dari biasa menjadi luar biasa, dari tidak kaya menjadi kaya, yang jahat tampak terlihat baik.

# 3. Akhiri Pertemanan dengan yang tidak Dikenal.

Jika teman anda sudah mulai menunjukan sikap yang mengarah pada hal-hal negatif, baik itu melalui komentar-komentar atau tulisan di dinding anda, terlebih jika dia menulis di Inbox anda, seharusnya anda sudah bisa menentukan bahwa ini tidak baik. Maka lebih baik di akhiri saja alias Blokir.

# 4. Batasi Link yang berhubungan dengan anda.

Anda tak pernah tahu dengan siapa anda berhubungan, maka lebih baik jadikanlah teman di kehidupan nyata anda saja sebagai teman di facebook. Dalam artian, Add atau Approve Friend yang ada di kehidupan nyata kalian. Jika anda tidak tahu, lebih baik di Ignore saja.

# 5. Hindari ketemuan Sendirian dengan teman yang tidak Dikenal.

Jika ada teman facebook yang mengajak anda untuk bertemu, akan lebih aman jika anda tidak menghadirinya. Atau suruhlah dia untuk menemui anda di rumah anda. Dan jika masih tidak bisa, ajaklah salah satu anggota keluarga atau teman anda untuk mendampingi anda. Usahakan pendamping anda adalah orang yang anda percaya bisa menjaga anda.

# 6. Bekali Diri dengan Iman.

Saya yakin, anda mengerti maksud saya menulis seperti itu. Jadi artikanlah seperti apa yang anda fikirkan ketika membaca subjudul diatas, karena ini adalah sesuatu yang penting untuk menjalani hidup di zaman sekarang ini.

Bersambung ke bagian : Cara Menggunakan Fitur Graph Search Facebook

Itulah ulasan yang dapat saya bagikan kepada sahabat Netter agar anda selalu berhati-hati dalam menggunakan jaringan sosial di Internet. Silahkan di Share kepada sahabat yang lain supaya dapat berjaga-jaga dari setiap marabahaya yang ada di dunia maya. Tetap Stand By di Blog NetterKu.com untuk melihat Informasi Berita yang lebih hangat lagi, sampai ketemu di lain waktu, Thanks!