Kelebihan dan Kekurangan Android di Root

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Android Jika di Root - Ada banyak hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan tindakan rooting pada Operating System ini. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kelemahan pada saat mengotak-atik system tersebut anda bisa berfikir akankah melakukannya baik atau tidak. Sistem operasi yang sudah dibuat standart untuk kita gunakan pasti tidak membuat kita puas secara penuh. Namun provider OS tersebut tentu sudah memikirkan segala bentuk keamanan, kenyamanan dan fleksibilitas suatu sistem agar pemakai atau konsumen merasa dimanjakan.

Jangan Asal Root Android, Pikirkan terlebih dahulu - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Kegiatan ini sebenarnya akan mengakitbatkan sistem termodifikasi jika kita melakukan root pada android kita. Fungsi dari root android adalah memberikan hak penuh kepada pengguna Android ke dalam file Sistem Operasi Android miliknya. Hal ini berarti pengguna android itu sendiri dapat menambah, mengurangi bahkan memodifikasi file sistem operasi android mereka. Suatu hal yang tidak bisa dilakukan jika pengguna belum melakukan rooting terhadap sistem di gadget mereka.

Root android merupakan suatu pilihan dari pengguna sendiri dan saya tekankan terhadapa sahabat netter yang sudah berpengalaman saja yang melakukan rooting ini. Karena jika sobat belum terlalu tahu dalam tentang sistem operasi dan anda dengan sengaja Menambah, Mengurangi atau Mengedit File dalam sistem. Selain garansi menjadi hilang, anda mungkin akan kehilangan gadget kesayangan anda. Bagi sahabat netter yang ingin tahu lebih lengkap, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangannya.

KELEBIHAN :

(+) 1. Dapat Menginstall Custom ROM.

Apa itu custom ROM? Custom ROM adalah sistem operasi Android kustom (Alternatif) atau bukan buatan vendor ponsel. Custom ROM dikembangkan oleh komunitas penggemar sistem operasi Android. Dengan melakukan root bukan berarti Anda dapat langsung melakukan instalasi Custom ROM, namun kebanyakan handphone Android membutuhkan akses root bila ingin diinstall custom ROM.

(+) 2. Uninstall Aplikasi Bawaan Pabrik.

Salah satu yang bisa saya bilang keuntungan dari rooting sistem operasi android adalah kita dapat melakukan uninstall aplikasi standart. Karena memang tidak semua aplikasi bawaan dari android akan kita gunakan. Jadi kita bisa melakukan uninstall jika diperlukan. Hanya jika diperlukan saja, karena terkadang beberapa aplikasi bawaan pabrik saling terkoneksi dengan aplikasi yang lain. Jika anda menghapus salah satu aplikasi tersebut maka akan membuat aplikasi yang terkoneksi menjadi tidak stabil bahkan gadget anda ikut terpengaruh.

(+) 3. Dapat Melakukan Pengaturan Secara Maksimal.

Keuntungan lain dengan melakukan root android salah satunya adalah kita dapat melakukan OverClock Processor. Tidak berbeda dengan PC, Android yang di overclock akan menjadi lebih cepat secara kinerja. Namun hal ini akan memaksa processor android anda bekerja lebih keras. Bisa lebih cepat memang iya, tapi efek sampingnya karena ini termasuk pemaksaan maka processor anda akan berumur pendek. Terlebih lagi, dengan processor yang bekerja lebih keras. Maka panasnya akan mempengaruhi komponen lain dan membuat android anda cepat rusak.

(+) 4. Dapat Menginstall Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root.

Dengan melakukan Root pada sistem operasi Android. Maka anda bisa menginstall beberapa aplikasi tertentu yang membutuhkan akses ke dalam sistem. Beberapa aplikasi tersebut antara lain seperti :

* App2Card dan Link2SD.

Jika anda mengalami kendala dalam memori Smartphone android yang selalu penuh dan berkurang secara terus menerus. Maka bisa menginstall aplikasi App2Card atau Link2SD agar memori ponsel android anda bisa sedikit longgar dan berkurang.

* Titanium Backup.

Hampir sama dengan beberapa gadget yang membutuhkan aplikasi untuk Back Up. Maka anda bisa menggunakan Titanium Back up untuk melakukan back up terhadap beberapa settingan atau pengaturan untuk gadget. Anda bisa melakukan akses penuh terhadap aplikasi ini jika anda melakukan rooting android.

* Wi-Fi Tether.

Aplikasi ini dapat menjadikan ponsel Android membagi koneksi internetnya melalui jaringan Wi-Fi. Pada sistem Android 2.2 Froyo keatas, aplikasi ini sudah terinstall pada handphone.

KEKURANGAN :

(-) 1. Menghilangkan Garansi.

Kenapa rooting Android dapat menghilangkan garansi? Root itu diibaratkan seperti "Segel Garansi". Analoginya seperti ini, apabila anda membeli komputer buatan pabrik (bukan komputer rakitan), biasanya akan dilengkapi dengan segel atau stiker garansi. Segel ini biasanya akan rusak bila kita membuka casing computer. Jika kita ingin meningkatkan kemampuan komputer, misalnya dengan mengganti kartu grafis komputer dengan yang lebih baik, otomatis kita harus membuka casing komputer dan secara otomatis akan merusak segel garansi.

Apakah dengan membongkar casing akan menyebabkan komputer menjadi rusak? Tentu saja tidak. Namun, jika terjadi kerusakan apakah akan menghanguskan garansi? Sudah jelas, karena pihak service center melihat bahwa segel garansi telah rusak dan memberi vonis bahwa komputer rusak karena dibongkar, padahal kerusakan disebabkan faktor lain.

Sama halnya dengan root Android. Jika HP anda mengalami kerusakan, misalnya speaker tidak berbunyi dan anda membawa ke Service Center dengan kondisi ter-root, maka ada kemungkinan klaim garansi akan ditolak dan dikatakan bahwa ponsel rusak akibat proses root, padahal sebenarnya tidak.

Namun sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir, berbeda dengan segel garansi, proses root dapat dibalikkan atau ponsel dikembalikan ke kondisi awal. Proses ini dinamakan Unroot. Jika proses unroot dilakukan, maka secara otomatis garansi akan berlaku kembali. Bila ingin membawa HP ke service center, selain dilakukan unroot, sebaiknya lakukan juga factory reset (Menghilangkan Jejak).

(-) 2. Keamanan Kurang Terjamin.

Kekurangan yang tentu saja kita dapat setelah kita lakukan rooting. Tidak jauh beda jika kita melakukan Cr4ck pada suatu aplikasi. Ketika kita melakukan ini pada suatu aplikasi atau software akan mengundang masalah baru jika cr4ck tersebut menanamkan program jahat sewaktu penginstallan. Dengan melakukan rooting dalam android anda memang tidak memakai cr4ck seperti halnya program komputer. Namun anda akan membawa masalah lain saat anda berusaha menginstall aplikasi lain yang biasa tidak standart aplikasi dari Google Play Store.

Rooting Android bisa memberikan kontrol penuh terhadap gadget anda. Ingin menambah, mengurangi atau mengedit file sampai ke akar-akarnya. Akan tetapi karena keleluasaan tersebut, maka bukan hanya kita sebagai pengguna. Karena jika anda asal-asalan dengan rooting yang sudah anda lakukan. Maka bisa saja program jahat atau kesalahan dari anda sendiri dapat merusak gadget dengan sistem operasi android. Jadi pikirkan baik-baik sebelum melakukan rooting pada OS Android.

Bersambung ke bagian : Cara Menghemat Baterai Tablet Android

Itulah informasi yang dapat saya sharing kepada sahabat netter sekalian seputar System yang lagi naik daun saat ini. Semoga dapat menambah wawasan sahabat netter dan jangan lupa membagikan info ini kepada sahabat yang lain agar memperoleh ilmu yang bermanfaat. Sampai ketemu di lain kesempatan dan tetap Stay tune di NetterKu.com untuk membaca info menarik berikutnya, Thanks!