Kelebihan dan Kekurangan Android

Inilah Kelebihan dan Kekurangan OS Android - Sistem Operasi besutan Google ini memang masih tergolong baru, namun walaupun demikian system tersebut telah mengalami perkembangan yang cukup pesat yang dapat mengalahkan sistem operasi lain. Sejarah Android yang begitu panjang yang bertujuan sebagai tandingan iOS di iPhone menunjukan sebuah grafik perkembangan yang signifikan, ini tentu tidak terlepas dari dukungan-dukungan pabrikan Ponsel besar yang ikut menghadirkan ponsel-ponsel bersistem operasi Android seperti Samsung yang merupakan sahabat sejati Operating System ini.

Kumpulan Aplikasi Android yang sangat menarik - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Tidak perlu menutup sebelah mata dengan yang satu ini, karena penggunaannya yang user friendly menjadikan dia sebagai favorite di antara OS yang lain. Jika anda berencana untuk membeli sebuah ponsel Android, dan ingin tahu apa kelebihan dan kekurangannya, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari ponsel dengan sistem operasi Android.

KELEBIHAN :

*) Multitasking - Ponsel android bisa menjalankan berbagai aplikasi, itu artinya anda bisa browsing, Facebookan sambil dengerin lagu atau membuka aplikasi lain yang anda suka.

*) Google Maniak - Jika anda pengguna setia layanan Google mulai dari Gmail sampai Google Reader, ponsel Android telah terintegrasi dengan layanan Google, sehingga anda bisa dengan cepat mengecek E-Mail dari GMail.

*) Akses Lebih Mudah - Kalau anda senang install aplikasi ataupun games, lewat Google Android App Market anda bisa unduh berbagai aplikasi dengan gratis. Ada banyak ribuan aplikasi dan games yang disediakan untuk anda, ada yang gratis dan juga berbayar.

*) Mudah Dalam Notifikasi - Setiap ada SMS, E-Mail, atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader yang masuk ke Handphone, akan selalu ada notifikasi di Home Screen ponsel untuk memberitahukan hal-hal tersebut, tidak ketinggalan juga dengan Lampu LED Indikator yang berkedip-kedip, sehingga anda tidak akan terlewatkan satu pemberitahuanpun.

*) Bisa di Upgrade ke versi Terbaru - Jika anda bosan menggunakannya anda bisa upgrade versi OS Android ke yang lebih tinggi lagi. Contohnya anda menggunakan versi 4.0 Ice Cream Sandwich, anda bisa update ke versi 4.1 Jelly Bean untuk merasakan kenikmatan yang lebih luar biasa lagi.

*) Smartphone yang Beranekaragam - Berbicara tentang ponsel yang memiliki system Android, akan terasa berbeda dibandingkan dengan iOS, jika iOS hanya terbatas pada iPhone dari Apple, maka Android tersedia di ponsel dari berbagai produsen, mulai dari Sony Ericsson, Motorola, HTC sampai Samsung. Dan setiap pabrikan ponsel itu telah menghadirkan ponsel Android dengan gaya masing-masing, seperti Motorola dengan Motoblur-nya, Sony Ericsson dengan TimeScape-nya. Jadi anda bisa lebih leluasa memilih ponsel yang sesuai dengan merk favorite.

*) Bisa Menginstal ROM yang Dimodifikasi - Tidak puas dengan tampilan standar Android, jangan khawatir ada banyak Costum ROM yang bisa anda pakai di ponsel dengan sistem ini. Widget, benar sekali, dengan adanya Widget di homescreen, anda bisa dengan mudah mengakses berbagai setting dengan cepat dan mudah.

KEKURANGAN :

+) Tidak bisa dipungkiri lagi kalau disamping kelebihan tentu saja ada kekurangan apapun di dunia ini. Kekurangan android yang paling menonjol adalah koneksi Internet yang terus-menerus. Kebanyakan ponsel android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif. Koneksi internet GPRS selalu aktif setiap waktu, itu artinya Anda harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan. Walaupun sebenarnya hal ini bisa di atasi dengan mematikan fitur Paket data yang ada di dalam menu Settings, atau lihat informasi lebih lanjut di artikel saya tentang Hal yang sering ditanyakan oleh Android Pemula.

+) Kemudian yang berikutnya adalah Iklan. Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun konsekuensinya di setiap Aplikasi tersebut, akan selalu ada Iklan yang terpampang, entah itu bagian atas atau bawah aplikasi. Iklan ini akan selalu muncul jika Smartphone anda terkoneksi dengan jaringan internet pada saat menjalankan aplikasi, sebaiknya matikan terlebih dahulu internet setelah itu buka aplikasi yang diinginkan.

Bersambung ke bagian : Cara Merawat Android Agar Tahan Lama

Itulah informasi yang dapat saya sharing kepada sahabat netter sekalian seputar System yang lagi naik daun saat ini. Semoga dapat menambah wawasan sahabat netter dan jangan lupa membagikan info ini kepada sahabat yang lain agar memperoleh ilmu yang bermanfaat. Sampai ketemu di lain kesempatan dan tetap Stay tune di NetterKu.com untuk membaca info menarik berikutnya, Thanks!