Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan - Salah satu tumbuhan yang menyimpan sejuta manfaat yang mungkin belum anda ketahui. Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia) ternyata mulai dari daun, buah, hingga kulitnya memiliki banyak manfaat di dalam kehidupan kita. Sama halnya seperti Pohon Kelapa. Walaupun rasanya keasaman dan sedikit dingin, jeruk nipis telah terbukti memberikan segudang manfaat bagi Kesehatan. Seperti halnya pada air buah jeruk nipis yang bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, dibuat minuman, obat herbal, dan sebagai campuran jamu. Selain itu, masih ada banyak lagi yang belum anda ketahui.

Berbagai Khasiat Jitu Yang Terkandung di Dalam Jeruk Nipis - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Di dalam jeruk nipis, terdapat kandungan minyak terbang limonene dan linalool. Selain itu juga terdapat kandungan flavonoid, seperti naringin, poncirin, hesperidine dan rhoifolin. Pada buahnya yang masak terdapat kandungan Synephrine dan N-methyltyramine. Dan juga terdapat kandungan vitamin C, B1 dan A, serta kalsium, fosfor, asam sitrat dan besi. Bagi pasien yang memiliki batu ginjal, asam sitrat dapat mencegah kekambuhan pasca operasi. Masih ada banyak lagi penyakit yang bisa disembuhkannya, beberapa diantaranya ada di bawah ini.

Sejuta Manfaat Jeruk Nipis



1. Ambeien.

Untuk mengobati penyakit ini kita tidak menggunakan buahnya melainkan akar dari jeruk nipis, cara penggunaannya cukup mudah. Ambil 10 gram akar pohon jeruk nipis lalu dibersihkan, direbus dengan 1 liter air dan disaring. Minum selagi hangat 3 kali sehari. Setelah itu rasa khasiatnya.

2. Amandel.

Kulit 3 jeruk nipis dan bersihkan, setelah itu dipotong-potong dan direbus dengan 2 gelas air sampai dengan tersisa ¾, kemudian disaring. Air tersebut dibuat untuk berkumur dan dilakukan 3-4 kali sehari.

3. Anyang-anyangan.

Penyakit ini juga ternyata bisa disembuhkan dengan buah sejuta manfaat ini. Cara menggunakannya yaitu, Bersihkan 2 buah jeruk nipis dan peras. Tambahkan gula batu secukupnya dan 1 gelas air hangat. Minum 1 kali sehari.

4. Batuk.

Bersihkan 1 buah jeruk nipis, kemudian diperas. Campurkan dengan 1 sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata kemudian disaring. Minum 2-3 kali sehari. Selain cara tersebut, dapat juga dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan sepotong gula batu, aduk hingga rata. Minum 1 kali sehari sampai sembuh.

5. Batuk disertai Flu.

Jeruk nipis masak yang mengandung cukup air dipotong, lalu diperas. Seduh air perasan dengan 60 cc air panas, kemudian tambahkan ½ sendok the air kapur sirih dan aduk hingga rata. Minum 2 sendok makan 2 kali sehari.

6. Bau Badan.

Ada 2 cara menghilangkan bau badan pada ketiak, yaitu :

a. Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, kemudian oles tipis dengan kapur sirih pada bagian permukaan irisan. Oleskan pada ketiak setelah mandi, biarkan selama 5 menit lalu bilas. Cara ini dilakukan tiap pagi dan sore.

b. 10 helai daun muda jeruk nipis ditumbuk halus, lumatkan dan buat pulung kecil-kecil seperti pil. Makan pil tersebut 3 kali sehari.

7. Batu Ginjal.

Ternyata penyakit batu ginjal juga bisa disembuhkan olehnya. Caranya yaitu, ambil 2 butir jeruk nipis kampung diperas, kemudian diencerkan dengan 2 gelas air hangat. Minum setelah makan malam dan lakukan selama 10 hari.

8. Demam atau Flu.

Untuk menyembuhkan demam atau flu, terdapat 2 cara :

a. Bersihkan 1 buah jeruk nipis dan peras airnya. Tambahkan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lakukan dengan mengoleskannya pada kening penderita.

b. Panggang 1 buah jeruk nipis selama beberapa menit, kemudian potong lalu diperas. Tambahkan 1 sendok madu, kemudian minum.

9. Haid tidak Teratur.

Yang ini khusus buat wanita yang sering mengalami haid tidak teratur pada tanggal yang ditentukan. Campurkan 3 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas, aduk hingga rata. Minum dan lakukan 3 kali sehari.

10. Pasca Melahirkan.

Campurkan 1 sendok makan kapur sirih, 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 butir perasan jeruk nipis kampung. Aduk hingga rata dan balurkan pada perut. Lakukan selama 3 bulan sehabis mandi agar terhindar dari keriput, tetap halus dan kempis.

11. Mencegah Rambut rontok dan berketombe.

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mencegah rambut rontok. Potong 2 buah jeruk nipis masing-masing menjadi 3 bagian. Oleskan potongan tersebut pada kulit kepala secara merata. Bungkuslah kepala anda semalaman dengan handuk, kemudian keramas esok harinya. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam seminggu.

12. Melebatkan Rambut.

Campurkan 1 butir kuning telur ayam kampung dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung, kocok hingga rata. Gosokan pada kulit kepala, pijat-pijat secara merata, biarkan selama 2 jam, lalu bilas dengan sampo merang supaya rambut menjadi lebat dan mengkilap. Untuk sampo merang, dapat dibuat dari seikat merang, bakar hingga menjadi arang (Bukan Abu), rendam dalam air semalaman, saring. Gunakan sampo merang untuk keramas.

13. Radang Tenggorokan.

3 buah jeruk nipis masak dipotong kemudian diperas. Seduh air perasan dengan ½ cangkir air panas. Tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur, 3 kali sehari.

14. Kurap atau Panu.

Bersihkan 1 genggam akar landep, lalu tumbuk hingga halus. Aduk bersama dengan air perasan jeruk nipis (1 buah). Oleskan di bagian kulit yang terdapat panu atau kurap, tutup dengan kain perban. Ganti perban 2 kali sehari. Lakukan ini hingga sembuh.

15. Demam pada saat Malaria.

Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis, daun kendal, 5 lembar daun prasman. Rebus daun-daun tersebut dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air setelah dingin. Bagi air saringan tersebut menjadi 2, dan minum untuk pagi dan sore.

16. Terkilir.

3 buah jeruk nipis yang sudah maska dan banyak airnya dipotong, masing-masing dipotong menjadi 2 bagian. Seduh dengan ½ cangkir air panas dalam poci, lalu tutup. Setelah dingin, peras jeruknya dan kemudian saring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan 2 sendok makan minyak gandapura. Gunakan pada bagian yang cedera, dengan mengurutkannya. Kemudian minum ¾ gelas air kelapa hijau muda. Lakukan ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

17. Pegal Linu.

Bersihkan daun jeruk nipis, daun ketepeng cina dan daun sambiloto (Masing-masing 1/3 Genggam), 10 lembar daun sirih 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor dan 10 buah cabe rawit, tumbuk semuanya sampai halus. Rendam ramuan tersebut dengan 1 liter alkohol selama 7 hari. Gunakan air perasan untuk menggosok dan mengurut pada bagian yang sakit.

18. Sakit Gigi.

Campurkan masing-masing 1 sendok makan, air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak. Beri ¾ cangkir air garam, kemudian aduk hingga rata. Peras ramuan dan saring. Air saringan digunakan untuk berkumur selama beberapa menit, dan ini dilakukan 4-6 kali sehari.

19. Melangsingkan Badan.

Tambahkan satu buah air perasan jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum tiap pagi dan sore, tiap hari. Menambah Stamina 1 butir telur ayam kampung, 1 buah air perasan jeruk nipis, sedikit irisan gula merah, campur dan aduk hingga rata. Minum dan lakukan sekali dalam seminggu.

20. Tekanan Darah Tinggi.

Bersihkan 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis, tambahkan dengan air perasan 2 buah jeruk nipis. Bahan tersebut direbus dalam 3 gelas air, dan biarkan sampai tersisa 2 ¼ gelas, Tunggu hingga dingin, kemudian disaring. Air saringannya diminum sebanyak ¾ gelas, 3 kali sehari.Tambahkan dengan sedikit madu, dan lakukan setiap hari.

Bersambung ke bagian : Tips Menjaga Kesehatan Bola Mata.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung di dalam buah unik ini. Semoga dapat bermanfaat dan sekian dulu dari saya serta silahkan di Share ke sahabat yang lain, bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah atau dengan media sosial lain yang anda punya. Sampai ketemu di lain waktu dan tetap Stay tune di NetterKu.com untuk membaca informasi yang lebih menarik lagi, Thanks!

Referensi : Majalah Kesehatan Indonesia.