Tips Menjaga Kesehatan Bola Mata

Tips Terbaik Menjaga Kesehatan Bola Mata - Salah satu organ penglihatan dalam tubuh kita yang memiliki peran besar. Tidak ada mata, kita tidak akan bisa melihat betapa indahnya dunia ini, betapa cantiknya pacar kita dan masih banyak lagi. Bagi anda yang sedang mengalami masalah pada mata, kalaupun disembuhkan kecil kemungkinan akan sembuh dan solusi untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan bantuan kaca mata. Maka dari itu jangan pernah menghiraukan kesehatan pada organ ini, Karena tidak akan ada yang dapat menggantikannya.

Perlunya Menjaga Kesehatan Bola Mata Kita - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Untuk berjaga-jaga agar anda tidak menjadi salah satu dari mereka yang ikut bermasalah dengan indra penglihatan ini, maka perlu memperhatikan kegiatan sehari-hari anda yang mungkin bisa membuat mata jadi tidak sehat. Agar mata tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini.

(*) 1. Menghindari Debu Dan Polusi.

Bagi anda yang sering beraktivitas di jalan raya seperti Tukang ojek, Polisi, Supir Angkot, dan lain sebagainya, sebaiknya menggunakan pelindung mata seperti kacamata dan helm yang berkaca. Hal ini berfungsi untuk menghindari debu yang masuk ke mata karena bisa membuat mata jadi infeksi dan membuat mata menjadi katarak.

(*) 2. Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat.

Jarak yang aman untuk menonton Televisi adalah 2 meter untuk TV yang ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Nonton layar bioskop pun sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.

(*) 3. Jangan Terlalu Lama Bermain Komputer.

Biasakan memberi waktu dalam beraktivitas di depan layar Komputer. Misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali beristirahat, melihat yang jauh-jauh selama lima sampai sepuluh menit agar mata tidak selalu dalam keadaan tegang karena melihat layar dengan jarak yang sangat dekat.

(*) 4. Jangan Terlalu Dekat Membaca Buku.

Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm. Bila terlalu dekat dapat membuat mata tegang dan mengakibatkan rabun jauh dalam jangka panjang. Membaca buku juga tidak boleh sambil tiduran. Penerangan juga harus cukup misalnya dengan lampu Neon yang terang. Dengan demikian kesehatan mata akan tetap terjaga.

(*) 5. Jangan Terlalu Dekat Bermain Video Game.

Anak-anak jaman sekarang banyak yang cuek terhadap kesehatan mata. Ini dapat kita lihat dengan banyak yang bermain PS (Playstation) atau vido game sejenis lainnya dekat dengan layar TV. Sebaiknya biasakan menasehati anak yang bermain game terlalu dekat. Jaraknya mirip dengan poin nomor 2 di atas.

(*) 6. Konsumsi Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A.

Mata butuh asupan zat-zat yang bergizi serta vitamin yang cukup agar dapat menjaga kondisi tetap fit. Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau mekanan yang mengandung vitamin A seperti Wortel, Alpukat, Tomat, Pepaya, dan lain sebagainya untuk kesehatan mata kita.

Jagalah kesehatan mata Anda agar tidak tersiksa karena harus memakai kacamata terus-menerus. Dengan mata yang sehat anda punya banyak peluang untuk berhasil mengikuti Tes-tes kesehatan yang mengharuskan mata Anda sehat. Hubungi dokter setiap Anda punya masalah dengan mata, atau sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter mengenai mata agar anda tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan pada organ indra pengelihatan ini.

Bersambung ke bagian : Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami

Itulah beberapa tips dan trik yang dapat saya tuliskan untuk sahabat netter. Selain ini anda dapat berkonsultasi dengan Dokter supaya memperoleh informasi yang lebih detail lagi. Semoga dapat bermanfaat dan sekian dulu dari saya serta silahkan di Share ke sahabat yang lain, bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah atau dengan media sosial lain yang anda punya. Sampai ketemu di lain waktu dan tetap Stay tune di NetterKu.com untuk membaca informasi yang lebih menarik lagi, Thanks!

Referensi : Majalah Kesehatan Indonesia.

Subscribe to receive free email updates: