Tips Ampuh dan Cepat Mengatasi Rasa Malas

Inilah Tips Ampuh Mengatasi Rasa Malas Dengan Cepat - Masih jelas di ingatan saya, pernah seorang Guru mengatakan kalau "Malas" itu obatnya adalah "Paksa Diri". Entah kenapa kata-kata itu selalu saja saya ingat. Tapi kalau kita coba renung-renung lagi makna kata tersebut, ternyata memang benar kalau obatnya tidak lain adalah paksa diri. Semua itu berarti ada pada diri kita masing-masing. Sifat negatif yang sering menempel pada semua orang ini ternyata dapat membuat kita lambat laun menjadi pribadi yang buruk. Coba anda bayangkan kalau kita sering-sering bermalas-malasan tanpa bekerja, mau dapat duit dari mana? tentu hidup akan semakin merosot.

Beginilah Bentuk Wajah Orang yang Lagi Malas - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google Indonesia

Mengatasi kemalasan, atau kemampuan untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin kita lakukan, adalah bagian penting dalam mencapai keberhasilan. Hari ini kita akan fokus pada bagaimana untuk menyelesaikan semua tugas-tugas kecil dimana kita tidak punya keinginan untuk menyelesaikannya. Orang malas membiarkan tugas-tugas kecil tidak terselesaikan terlalu lama. Orang-orang sukses selalu menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan cepat dan seefisien mungkin. Mau tau bagaimana metode yang mereka gunakan? silahkan anda simak tips cepat mengatasi rasa malas yang ada di bawah ini.

Tips Mengatasi Rasa Malas



# 1. Membuat Hidup Terorganisir.


Aspek yang paling penting untuk mengatasi kemalasan adalah hidup harus terorganisir. Begitu banyak keinginan kita untuk melakukan sesuatu yang produktif tetapi keadaan di sekitar membuatnya tampak mustahil untuk dilakukan dan membujuk kita untuk tidak melakukan bahkan memulai tugas kita. Ruang kerja yang bagus, bersih dan terorganisir akan mengajak kita untuk melakukan beberapa pekerjaan dan menjadi lebih produktif.

Tempat yang berantakan akan menyebabkan kita malas belajar atau malas bekerja dan memilih untuk tidur di sofa ataupun kasur yang ada. Sisihkan beberapa jam untuk membersihkan dan mengatur ruang kerja, segala sesuatu yang ada di meja Anda, file-file yang ada di komputer, link-link favorit yang ada di browser dll. Buatlah segalanya lebih bersih, mudah dan efisien. Terlihat berbeda dari yang sebelumnya akan membuat kita lebih bersemangat menggunakannya.


# 2. Membuat Daftar Kegiatan Sebelum Tidur.



Sangat penting untuk menuliskan tujuan kita sehingga kita dapat memvisualisasikan apa yang perlu dilakukan dan tidak harus dilakukan. Setiap malam sangat dianjurkan dalam membuat "to-do" list (Daftar Kegiatan) pada laptop atau buku dan menambahkan 5-10 hal yang harus dilakukan pada hari berikutnya. Dari tugas-tugas kecil seperti pergi ke bank untuk tugas besar seperti menyelesaikan proyek. Segala sesuatu yang perlu dilakukan harus tertulis di "to-do" list. Tidak ada tugas yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk dimasukkan ke daftar "to-do" list.

# 3. Selesaikan Hal Pertama yang ada di Daftar Kegiatan.


Kita semua tahu bahwa rasa takut, dari azab yang akan datang, ketika kita tahu kita harus melakukan sesuatu tapi kita tidak ingin melakukannya. Jadi kita menundanya dan menundanya dan itu hanya terus membuat kita terbiasa untuk menunda, sehingga sulit untuk melakukan tugas itu. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan perasaan itu adalah untuk melakukan tugas-tugas yang tidak menyenangkan di pagi hari. Selesaikan semua tugas di pagi hari, dimulai dengan tugas yang tersulit dan berakhir dengan tugas termudah. Setelah Anda menyelesaikan semua tugas Anda di pagi hari, maka Anda memiliki sisa waktu di hari itu dan bebas untuk melakukan apa saja.

# 4. Jadilah Orang Aktif dan Sadar akan Waktu.


Memulai dan menyelesaikan "to-do" list tepat waktu di setiap pagi sangat penting. Ini disebut kebiasaan dan rutinitas dan itulah yang memisahkan malas dari produktif. Bila Anda memiliki rutinitas dan kebiasaan maka akan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tidak memiliki rutinitas itu membuat sangat sulit mencapai apa-apa. Mulai rutin, menentukan waktu spesifik untuk memulai dan mencapai tujuan Anda setiap hari dan selalu sadar waktu. Anda tidak ingin menyia-nyiakan apa yang telah Anda mulai. Melihat jam memaksa Anda untuk lebih berkonsentrasi, bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk menyelesaikan semua yang dilakukan.

# 5. Selalu Membawa Notebook atau Catatan.


Membawa perangkat notebook setiap saat akan sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu alasannya adalah bahwa ide-ide sering kali datang ketika kita mengemudi di jalan, berjalan menyusuri jalan, duduk di kereta api atau tempat lain di mana kita tidak siap untuk melakukan ide-ide tersebut. Membawa notebook akan membuat Anda dapat menuliskan ide-ide, tugas akan yang akan Anda lakukan besok dan kita dapat membacanya lagi pada malam hari saat membuat Daftar Kegiatan.


# 6. Tetapkan Hari Minggu Untuk Bermalas-malasan.



Menurut Syaiful M. Magshri menjadi produktif sepanjang minggu adalah perasaan yang hebat. Setelah menjadi produktif, sangatlah dianjurkan untuk mengambil satu hari untuk bermalas-malasan setiap minggunya, dan tidak ada hari yang lebih baik daripada hari minggu. Kebanyakan kantor atau sekolah akan tutup pada hari minggu, kebanyakan orang tidak mengangkat telepon yang berhubungan dengan pekerjaan atau menanggapi e-mail pada hari minggu. Mengambil hari minggu untuk bermalas-malasan akan membiarkan Anda beristirahat dan mempersiapkan untuk hari paling penting dalam seminggu yaitu hari Senin. Hal ini juga dapat membuat diri anda lebih fresh dan sehat kedepannya.

Bersambung ke bagian : Kesalahan Wanita Dalam Mencari Pasangan


Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan kalau anda ingin benar-benar terlepas dari yang namanya penyakit malas. Penyakit yang tidak ada obatnya ini hanya bisa di hilangkan oleh diri anda sendiri, jadi semua tergantung pribadi anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu. Mauliate, Horas!