Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk - Seperti yang kita ketahui kalau virus adalah salah satu program jahat yang ada di komputer yang bisa menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Jika kita lihat secara biologis hal ini sama dengan virus pada umumnya. Seperti virus shortcut yang kerap muncul di berbagai media penyimpanan komputer. Salah satu yang peling sering disusupi adalah media penyimpanan portable Flashdisk.

Tampilan Virus Berupa Folder Shortcut - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Contoh folder shortcut

Virus Shortcut hadir dikarenakan Flashdisk terinfeksi oleh virus yang didatangkan dari media lainnya atau bisa jadi komputer itu sendiri. Apalagi jika komputer tersebut tidak dilengkapi pengaman seperti Antivirus. Dan bisa juga, komputer yang awalnya bersih dari virus, namun karena ditancapkan dengan Flashdisk yang terkontaminasi oleh virus ini jadi ikutan terinfeksi.

Sebenarnya tidak sulit untuk menghilangkan virus ini (tergantung sejauh mana virus ini menyabar), hanya saja, terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan Scanning virus dengan Antivirus. Teknik yang saya bagikan ini adalah teknik yang bukan memusnahkan virus secara pemanen di dalam media penyimpanan. Silahkan kamu ikuti cara menghilangkan shortcut di flashdisk yang ada di bawah ini.

1. Tancap atau Colokan Flashdisk ke Komputer, Buka Flashdisk tersebut.

2. Kemudian klik "Organize" dan klik "Folder and search options"

Folder Options - www.netterku.com

3. Aktifkan perintah "Show hidden files, folders, and drives" lalu uncheck pada "Hide protected operating system files (Recommended)". Jika muncul Notice seperti dibawah, Klik "Yes", dan klik "Ok" untuk kelangkah selanjutnya.

Warning on Hide Protected - www.netterku.com

4. Nah, biasanya sampai disini Folder yang disembunyikan oleh virus sudah kembali muncul, hanya saja masih berstatus semi-hidden.

5. Untuk menormalkannya kembali, silahkan buka CMD (Command Prompt), setelah terbuka, pastikan lokasi dimana Flashdisk berada, Misal : Drive I, berarti ketik I:

6. Selanjutnya, Ketikan : attrib -s -r -h /s /d di CMD, seperti gambar dibawah. Kemudian tekan Enter.

CMD Attrib Komputer - www.netterku.com

7. Sekarang coba dicek Flashdisk kamu, Apakah semua Folder sudah kembali normal lagi. Jika sudah, silahkan hapus Folder yang menurut kamu aneh dan tidak jelas.

Bersambung ke bagian : Tips Melindungi Komputer Dari Virus

Cara diatas hanya berlaku untuk mengembalikan folder yang disembunyikan oleh virus Shortcut dan menghilangkan virus shortcut secara sementara. Jika Flashdisk kembali dicolokan ke Komputer yang terinfeksi virus shortcut lagi, bisa jadi hal serupa akan terjadi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Thanks!