Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Pengobatan

Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Pengobatan - Sirsak adalah salah satu tumbuhan yang menghasilkan buah dengan rasa yang khas. Pertumbuhannya banyak di indonesia karena merupakan tumbuhan tropis. Tumbuhan ini ternyata tidak hanya menghasilkan buah yang menyehatkan bagi tubuh, tapi daunnya juga ternyata sangat bermanfaat bagi pengobatan secara alamiah.

Daun Sirsak yang Penuh Dengan Misteri - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Flickr.com

Daun sirsak mengandung senyawa Acetoginin (Bulatacin, Asimisin, Squamosin). Acetoginin ini dalam senyawa yang tinggi berfungsi sebagai Anti Feedent. Hama sekalipun enggan memakan daun pohon sirsak, dalam konsentrasi rendah bisa menyebabkan hama serangga yang memakannya akan mati. Selain itu daun sirsak juga berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh daun sirsak.

(*) Mengobati Kanker.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Purdue University Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun sirsak ini memiliki kandungan yang sangat baik untuk pengobatan berbagai macam penyakit terutama penyakit kanker.

Adapun beberapa jenis kanker yang diklaim dapat diobati adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 jenis kanker lainnya. Caranya yaitu ; ambil 10 lembar daun sirsak tua, lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 1 gelas air, minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu.

(*) Mengobati Asam Urat.

Daun sirsak ternyata dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat. Caranya sangat mudah yaitu daun sirsak yang sudah cukup tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong. Rebus daun sirsak tersebut dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisa 1 gelas. Minum ramuan tersebut dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari.

(*) Mengobati Sakit Pinggang.

Jika anda mempunyai masalah dengan pinggang, cobalah membuat ramuan dari daun sirsak. Ambil 20 lembar daun sirsak, lalu rebuslah dengan 5 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa 3 gelas. Minumlah ¾ gelas ramuan ini 1 kali sehari.

(*) Mengobati Eksim dan Rematik.

Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.

(*) Menurunkan Kadar Asam Urat.

Vitamin yang paling dominan pada Buah Sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 g daging buah. Sedangkan kebutuhan vitamin C per orang per hari sekitar 60 mg. Kebutuhan ini dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 g daging buah sirsak.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan penyedia antioksidan yang sangat baik sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Vitamin C juga berefek meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Selain itu vitamin ini merupakan sumber antioksidan yang membentengi tubuh dari serangan penyakit.

(*) Membantu System Kekebalan Tubuh dan Menghindari Infeksi.

Kandungan pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh. Caranya, siapkan 4-5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.

Bersambung ke bagian : Jenis Makanan Untuk Diet Seimbang

Ternyata tidak hanya buah sirsak saja yang punya sejuta manfaat, daunnya juga punya khasiat yang jarang diketahui orang. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa m elalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Thanks!