Cara Mengetahui Smartphone Android Asli atau Palsu

Cara Mengetahui Smartphone Android Asli atau Palsu - Saat ini penggunaan smartphone memang terbilang sangat pesat, ponsel pintar dengan jenis apapun bisa kamu dapatkan dengan mudah. Terutama buat ponsel dengan sistem operasi Android, karena hampir semua toko-toko handphone yang ada di pasaran menjual smartphone dengan sistem tersebut. Akan tetapi, tidak semua produsen smartphone mematok harga yang murah untuk setiap smartphone-nya.

Contoh Samsung S4 Replika - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Flickr.com

Tetapi, dengan mahalnya smartphone tersebut, tidak mengurangi niat para pecinta gadget untuk memilikinya. Namun, ada sebagian orang yang mulai memanfaatkan mahalnya harga smartphone tersebut dengan membuat smartphone tiruan dengan desain dan spesifikasi yang hampir mirip. Smartphone tersebut biasanya disebut "Replika, KW, Supercopy, Superking dll" dan dijual dengan harga dibawah rata-rata. Tapi terkadang ada juga sebagai dari mereka menjual setara dengan yang asli agar tidak dicurigai.

Dengan iming-iming harga yang murah, tidak sedikit orang yang telah tertipu dengan smartphone tersebut. Maka dari itu, kali ini admin Netterku.com akan memberikan sedikit trik dahsyat untuk mengecek keaslian dari smartphone yang ingin kamu beli, terutama jika smartphone yang kamu beli mempunyai harga dibawah rata-rata. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk mengeceknya.

# 1. Melakukan Test Dengan Angka.

Setiap brand Android memiliki angka tersendiri untuk mengecek perangkatnya. Misalnya "Sony" dengan menekan ?#?#7378423#?#? dan "Samsung" ?#0#. Jika sudah ditekan angka tersebut tidak muncul, kemungkinan smartphone tersebut palsu.

# 2. Cek Melalui IMEI.

IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah identitas resmi setiap smartphone. Cara mengeceknya adalah dengan menekan ?#06#. Setelah muncul angka tersebut, kemudian buka browser kamu lalu kunjungi website Imei.info. Masukan IMEI yang tertera di smartphone kamu kemudian tekan check. Jika smartphone asli, akan muncul informasi tentang smartphone tersebut setelah kamu menekan "Check". Jika tidak muncul informasi apapun, kemungkinan besar smartphone itu palsu.

# 3. Situs Opera apps.opera.com.

Masuk ke browser kamu, kemudian buka situs apps.opera.com. Dalam situs tersebut, merk dan jenis smartphone akan terdeteksi otomatis dibagian paling bawah. Jika Merk dan jenis smartphone sesuai dengan yang kamu gunakan, berarti smartphone kamu asli. Namun, jika muncul tulisan Your Device is Android generic Generic Android 4.x sudah pasti, smartphone tersebut palsu.

# 4. Menggunakan AnTuTu Benchmark.

Download dan Install aplikasi AnTuTu Benchmark (Search on Google Play Store) lalu lakukan test. Jika hasil test berbeda dengan smartphone sejenis lainnya. Kemungkinan besar smartphone tersebut palsu.

# 5. Mengecek kondisi Fisik Barang.

Jangan ragu-ragu untuk mengecek kondisi smartphone kamu secara keseluruhan. Usahakan kamu membawa seorang teman yang lebih tahu tentang smartphone tersebut. Pastikan smartphone tersebut dalam kondisi mulus.

Bersambung ke bagian : Cara Selamatkan Ponsel yang Tercebur Air

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, tetapi kamu belum yakin, silahkan kunjungi service smartphone, dan mintalah petugas untuk mengecek keasliannya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!