Cara Tepat Selamatkan Ponsel yang Tercebur Air

Cara Tepat Selamatkan Ponsel yang Tercebur Ke Air - Ada yang pernah mengalami kejadian seperti ini? Kamu yang sedang membaca artikel ini mungkin sedang mengalaminya. Bencana tersebut tidak hanya kamu saja kok yang mengalami. Kejadian ini dulu pernah saya alami saat memancing di kolam pemancingan bersama teman. Tentu secara spontan saya langsung mengambil handphone itu, lalu membuka casing dan baterai setelahnya dijemur di bawah terik matahari.

Contoh Smartphone Yang Tercebur Air - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Jalantikus.com

Cara spontan tersebut mungkin juga akan kamu lakukan sebagai pertolongan pertama. Namun untuk selanjutnya kamu perlu memahami beberapa trik yang perlu dilakukan jika dikemudian hari terjadi lagi. Ponsel memang dituntut agar selalu dalam keadaan kering, walaupun saat ini sudah ada terlahir smartphone yang tahan air seperti Sony Xperia Z dan Samsung Galaxy S5 yang penggunanya masih terbilang sedikit. Apabila kamu sedang mengalami musibah tersebut, silahkan selamatkan ponsel kamu dengan langkah-langkah berikut ini.

# 1. Segera Ambil Ponsel Dari Dalam Air.

Segeralah ambil jika ponsel masuk ke dalam air, meskipun casing yang terpasang terlihat rapat, air bisa dengan mudah merembes ke dalam ponsel. Keluarkan ponsel dengan segera dan jangan menyalakannya secara langsung sebelum ponsel benar-benar kering.

# 2. Lepaskan Semua Casing dan Baterai.

Tujuan melepaskan casing yaitu agar bagian dalam ponsel yang terendam air bisa cepat kering dan baterai yang masih terpasang juga harus dilepaskan, listrik yang masih mengalir dapat menyebabkan terjadinya arus pendek.

# 3. Keluarkan Kartu SIM dan SD Card.

Memori adalah hal yang sangat vital karena semua data tersimpan didalamnya. Daripada timbul masalah lain yang tidak diinginkan lebih baik segera keluarkan kedua komponen tersebut, begitu juga dengan SIM Card.

# 4. Keringkan Ponsel Dengan Kain yang Menyerap Air.

Setelah melepas beberapa komponen penting, sekarang bersihkan sisa-sisa air yang masih terlihat dengan menggunakan kain yang mudah menyerap air sehingga ponsel akan cepat kering.

# 5. Gunakan Silica Gel.

Biasanya Silica Gel dapat ditemukan pada kotak sepatu yang membutuhkan udara yang kering, hal ini bisa diterapkan juga ketika ponsel kamu terendam air. Kamu bisa memasukkan ponsel ke dalam kotak bersamaan dengan silica gel agar ponsel bisa cepat kering.

# 6. Gunakan Vacuum Cleaner.

Selain dapat menyedot debu, vacuum cleaner juga bisa membantu agar ponsel dapat kering dengan cepat. Meskipun Hair Drayer lebih efektif mengeringkan, namun panas yang ditimbulkan justru dapat merusak komponen. Jadi, ada baiknya kita menggunakan Vacuum Cleaner daripada Hair Dryer.

Sebenarnya masih banyak langkah yang bisa kita lakukan agar ponsel bisa terselamatkan dari air, misalnya saja mengeringkan ponsel dengan menggunakan kipas angin. Apabila dirasa sudah benar-benar kering, sekarang saatnya untuk menyalakan dan memastikan ponsel masih dalam keadaan normal. Apabila masih tidak ada yang ditampilkan pada layar, kamu bisa meminta bantuan kepada tenaga professional untuk mengecek ponsel yang kamu miliki.

Bersambung ke bagian : Smartphone Android Lokal yang Sudah Bisa BBM-an

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan bila mengalami masalah seperti diatas. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!