Hal yang Wajib Dilakukan Pada Smartphone Baru

Hal yang Wajib Dilakukan Pada Smartphone Baru - Welcome buat kamu para pengguna Smartphone dengan sistem operasi Android. Hati kamu saat ini mungkin lagi senang tiada terkira saat mendapatkan ponsel pintar dambaan hati. Tapi ada banyak yang perlu kamu perhatikan mengenai penggunaan smartphone tersebut. Buat yang ingin selamat silahkan baca informasi ini sampai ludes. Ssst.. jangan terlalu tegang, ini tidak mematikan kok.

Enaknya Dapat Smartphone Samsung Galaxy S4 Baru - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google.com

Sejak perkembangannya beberapa tahun lalu sampai saat ini, Android memang selalu memberikan berbagai feature canggih yang membuat hidup menjadi mudah. Mereka memang selalu dapat memanjakan para penggunanya dengan berbagai feature di berbagai versi Android yang dirilis. Supaya ponsel kamu jadi optimal, silahkan di ikuti beberapa settingan wajib yang ada di bawah.

# 1. Buat Akun Google.

Buat kamu yang telah memiliki akun Google (Gmail, YouTube, Drive, dll), kamu bisa melewatkan bagian ini. Akun Google dibutuhkan untuk menggunakan berbagai layanan yang disediakan oleh pihak Google, serta memudahkan kamu untuk masuk dan mendownload aplikasi dan game di Play Store. Kunjungi halaman Accounts.Google.com dan isi formulir registrasi. Simpan informasi username dan password akun Google, karena kamu akan membutuhkannya saat menggunakan layanan Google.

# 2. Amankan Dengan Passcode.

Kamu tentu tidak ingin dokumen, kontak, dan foto-foto di ponsel kamu dicuri bukan? oleh karena itu pastikan data di ponsel kamu aman dengan perlindungan passcode. Fitur ini bisa kamu cari di bagian Pengaturan Smartphone, atau secara umum dengan cara, Buka Settings > Security > Screen Lock, lalu pilih Passcode. Android memberikan pilihan passcode berupa pattern, PIN atau password.

# 3. Mengganti Theme Wallpaper.

Selain ringtone, kamu juga bisa ganti wallpaper ponsel Android kamu dengan berbagai file image favorit kamu. Buka Settings > Display > Wallpaper lalu pilih image favorit kamu sebagai wallpaper. Android memberikan pilihan wallpaper statis (Gambar) dan dinamis (Animasi). Pastikan file image sesuai resolusi ponsel kamu (misal resolusi Samsung Galaxy S 5 adalah 1080x1920). Kunjungi website berikut ini untuk mendapatkan wallpaper gratis, ZEDGE, Android Central dan Wallpaper Mob.

Perlu diketahui, penggunaan live wallpapers (animasi) akan meningkatkan penggunaan konsumsi daya baterai.

# 4. Mengganti Ringtone.

Ringtone atau nada panggil bawaan ponsel Android tentu sudah digunakan banyak pengguna Android lain. Ganti ringtone ponsel Android kamu supaya unik dan mudah dikenali saat ada panggilan masuk. Buka Settings > Sound > Phone ringtone lalu pilih file audio favorit kamu sebagai ringtone. Pilih jenis file audio MIDI atau MP3 supaya ukuran file tidak besar. Kamu bisa download ringtone gratis di website ZEDGE, Free Ringtones dan MyXer.

# 5. Instal Aplikasi Android Device Manager.

Google memberikan layanan pelacakan ponsel saat hilang. Mirip seperti feature "Find My iPhone" di iOS. Kunjungi Google Device Manager dan login menggunakan akun Google kamu. Simpan alamat website tersebut. Kamu akan kunjungi website tersebut untuk melacak ponsel kamu apabila dibutuhkan. Setelah pengaturan di website selesai, download aplikasi Android Device Manager di Play Store dan lakukan pengaturan.

Berikan tanda centang pada kedua pengaturan di atas

# 6. Hemat Baterai.

Matikan feature yang sedang tidak digunakan, seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS dan NFC untuk menghemat daya tahan baterai. Pastikan pengaturan tingkat kecerahan layar pada posisi otomatis dan screen time out pada menit terendah. Kamu bisa melakukan kedua pengaturan ini di Settings > Display > Brightness dan Settings > Display > Sleep. Atau kamu bisa membaca artikel saya tentang Cara Menghemat Baterai Android.

Matikan feature yang sedang tidak digunakan.
Atur tingkat kecerahan layar secara otomatis atau minimum saat baterai low.
Atur waktu screen timeout pada menit terendah saat baterai low

# 7. Mematikan Auto-Update.

Pengguna smartphone rata-rata menginstal 25 aplikasi di ponsel mereka. Seiring bertambahnya waktu, kamu pun nantinya akan menginstall banyak aplikasi di ponsel Android kamu. Play Store di Android memiliki feature untuk melakukan update aplikasi secara otomatis. Namun, sering kali konsumsi daya baterai akan terasa boros saat feature ini diaktifkan. Matikan feature ini dengan membuka Settings di Play Store, lalu hilangkan tanda centang di bagian Auto-Update Apps.

# 8. Menata Widget.

Widget memudahkan kita untuk melihat berbagai informasi langsung di halaman Home dan menu. Kamu bisa melihat isi SMS, hasil pertandingan sepak bola, baca berita tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dulu. Pastikan untuk tidak menginstall terlalu banyak widget untuk menghemat konsumsi baterai.

# 9. "Ok Google".

Google melengkapi banyak fitur baru di OS Android versi 4.4 KitKat dengan "Google Now". Feature ini mirip S Voice di ponsel Samsung. Kamu hanya perlu menyebutkan "Ok Google" saat berada di Google Now atau Home untuk melakukan pencarian di ponsel dan Google Search, minta petunjuk arah di Google Maps, atau memainkan musik.

# 10. Keyboard Alternatif.

Keyboard adalah komponen penting pada sebuah smartphone. Mengetik di layar sentuh tentu berbeda dengan mengetik di keyboard fisik seperti di BlackBerry. Nah, supaya kamu lebih mengetik lebih optimal, coba deh dua aplikasi keyboard Android, Swype dan SwiftKey. Keduanya tersedia gratis di Play Store.

Bersambung ke bagian : Yang Sering Ditanyakan Android Pemula

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui dan perlu kamu setting di Smartphone baru. Selain ini masih banyak tips android lain yang terbilang penting, silahkan baca artikel saya seputar android. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!