Cara Alamiah Mencegah dan Mengobati Panu

Cara Alamiah Mencegah dan Mengobati Panu - Penyakit Panu (Tinea versicolor) adalah salah satu penyakit kulit yang bisa dialami oleh siapapun. Jika di kulit kamu terdapat bercak-bercak berwarna putih sebesar biji jagung, itu tandanya kamu terkena penyakit kulit panu. Kulit yang terkena panu akan menjadi gatal jika tubuh sedang berkeringat. Berbagai faktor dapat membuat terjadinya penyakit kulit panu, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Orang yang Menderita Penyakit Kulit Panu - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Flickr.com

1. Faktor Genetik (Keturunan).
2. Suhu udara di sekitar kamu yang lembab dan panas.
3. Penggunaan pil KB.
4. Saat kehamilan.
5. Menggunakan obat antiinflamasi atau golongan steroid seperti deksametason, betametason dan prednison.

Sumber penyakit kulit panu disebabkan infeksi jamur Pityrosporum Ovale pada permukaan kulit. Bagian kulit manapun dapat didatangi penyakit kulit ini seperti pada kaki, tangan, pipi, perut, leher, dahi, punggung dan sebagainya. Walaupun panu tidak termasuk penyakit yang mematikan seperti penyakit jantung, namun panu dapat memberikan efek psikologis bagi si penderita yakni bisa menimbulkan rasa malu terutama bagi wanita.

Penyebab Timbulnya Panu.


Jika sebelumnya dijelaskan beberapa faktor yang dapat mengindikasikan terjadinya penyakit kulit panu, maka kali ini akan dibahas mengenai penyebabnya yang lebih mengarah pada kebiasaan si penderita tersebut. Beberapa penyebab penyakit kulit panu diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kurang menjaga kebersihan badan seperti jarang mandi.
2. Keringat yang berlebih kemudian mengering dan menimbulkan rasa lengket di kulit.
4. Tertular dari penderita panu lainnya dari media seperti Handuk atau pakaian yang dipakai bersama-sama.

Mencegah Timbulnya Panu di Kulit.


Cara agar kamu terhindar dari penyakit kulit ini, bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yang berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari kita. Berikut ini beberapa kegiatan sehari-hari yang bisa mencegah terjadinya penyakit panu.

1. Mandi minimal 2 kali sehari.
2. Hindari menggunakan handuk atau pakaian bersama.
3. Jemur handuk setelah digunakan.
4. Cuci bersih pakaian kamu yang kotor.
5. Simpan atau gantung pakaian pada tempat yang kering.

Mengobati Penyakit Kulit Panu.


Bagi kamu yang terkena penyakit panu tidak perlu takut ataupun khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengobati panu yang ada pada kulit kamu, diantaranya bisa dengan cara tradisional yang memanfaatkan tanaman-tanaman tertentu.

# 1. Kunyit.

Kunyit bisa dimanfaat untuk mengobati panu dengan cara diparut kemudian dicampur dengan garam dapur atau garam kristal. Gosokkan campuran tersebut pada kulit yang berpanu.

# 2. Lengkuas.

Sama halnya dengan kunyit, lengkuas juga dapat untuk mengobati panu. Biar lebih dekat, kamu juga bisa menggunakan Bawang Putih. Caranya sama persis dengan kunyit.

# 3. Daun Pare.

Campurkan pucuk daun pare dengan kapur sirih, setelah itu dihaluskan. Gosokkan campuran yang sudah halus tersebut pada daerah yang berpanu.

# 4. Daun Leunca.

Campurkan pucuk daun leunca dengan garam kristal kemudian bungkus dengan daun pisang. Kukus hingga matang dan gosokkan pada kulit yang ada panunya.

# 5. Kulit Pohon Pinang.

Serut kulit pohon pinang dengan pisang yang masih hijau. Gunakan serutan tersebut untuk digosokkan pada kulit yang berpanu.

Selain dengan cara tradisional yang saya uraikan diatas, kamu juga bisa menggunakan beberapa produk yang beredar di pasaran seperti yang ada di bawah ini.

1. Shampoo Selsun Orange 60ml yang bisa kamu gunakan dengan mengoleskan pada tubuh yang ada panunya. Oleskan di malam hari sebelum kamu tidur.
2. Gunakan sabun JF Sulfur saat mandi.
3. Anda juga bisa mengkonsumsi kapsul sporacid 100mg sekitar 10 tablet dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Jika kamu memang peduli dengan penampilan kamu, maka jangan biarkan panu menghampiri hidupmu. Cegahlah dengan menjaga kebersihan tubuh kamu, dan obati secepat mungkin jika kulit sudah terdapat panu.

Bersambung ke bagian : Cara Meredakan Sakit Tenggorokan

Itulah beberapa cara yang bisa kamu manfaatkan untuk membasmi penyakit yang satu ini. Jika kamu menghiraukannya maka seluruh badan kamu akan penuh dengan bercak putih. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!