Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami - Rambut adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit manusia dan hewan yang mucul dari bagian epidermis kulit. Walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah epidermis. Kalau kita berbicara mengenai rambut mungkin bila kamu kurang merawatnya maka akan sedikit merasa gatal khususnya di bagian kepala kita.

Ini Dia Para Pencari Kutu, Ada yang Mau Ikut - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Flickr.com

Biasanya penyebab hal tersebut mungkin karena Ketombe atau bisa juga ada sejenis hewan kecil yaitu Kutu yang hinggap di kepala kamu. Kutu kepala adalah sejenis parasit penghisap darah yang biasanya hidup di bagian kepala kita. Dari info yang kita cari dan dapatkan, kutu betina mampu bertelur enam buah sehari. Kemudian telur tersebut selalu melekat dengan kuat pada rambut. Telur-telur tersebut kemudian akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Bagaimana cara menghilangkan kutu kepala secara alami yang bisa kamu lakukan? Yapz, disini saya akan membagikan cara untuk mengatasi dan menghilangkan ataupun mencegah terjadinya si kutu tersebut agar tidak betah di kepala. Berikut ini yang bisa kamu lakukan mulai dari bahan-bahan alami hingga tips yang bisa kamu coba, simak baik-baik ulasan di bawah ini.

# 1. Dengan Memangkas Rambut.

Ini adalah cara termudah yang dapat kamu lakukan, tapi jika kamu bersedia siap untuk botak. Jika bagi kamu sudah tidak masalah, pangkaslah rambut dirumah jangan ditempat pangkas rambut agar kutu tidak terjangkiti kepada orang lain.

# 2. Dengan Sisir Kutu Rambut.

Cara ini merupakan cara yang sudah cukup lama diterapkan di Indonesia tapi masih sangat banyak orang yang menggunakannya karena terbukti secara langsung dapat mengangkat kutu rambut dan telurnya lantaran jarak anak sisir sangatlah rapat. Untuk menggunakan sisir kutu rambut, pastikan rambut kamu tidak dalam keadaan kusut karena dapat membuat kulit kepala sakit hingga merontokkan rambut ketika disisir. Untuk menyiasatinya, gunakanlah minyak kelapa pada rambut terlebih dahulu sehingga membuat rambut tidak kusut dan mulus ketika kamu menyisirnya.

# 3. Dengan Bawang Merah.

Cara ini juga biasa diterapkan oleh orang-orang tua kita dulunya, caranya ambillah 5 siung bawang merah lalu haluskan sampai benar-benar halus. Kemudian kamu oleskan pada pangkal rambut hingga ujung rambut. Kemudian pijat-pijat kulit kepala agar dapat lebih meresap dan khasiatnya dapat cepat terasa.

# 4. Dengan Minyak Kelapa.

Minyak kelapa dapat mematikan kutu rambut karena membuat si serangga kecil ini dehidrasi lalu mati. Caranya, oleskan minyak kelapa dari pangkal hingga ke ujung rambut. Lalu tutup kepala kamu dengan plastik topi mandi, biarkan selama 6 jam, kemudian bersihkan rambut dengan Shampo. Cara ini sebaiknya kamu lakukan dimalam hari agar tidak menggangu aktivitas dan sebaiknya dilalukan selama seminggu.

# 5. Dengan Cuka Putih.

Cuka putih ini bermanfaat untuk mensterilkan kulit kepala kamu dari telur-telur kutu rambut yang masih tersisa dikulit kepala lantaran cuka putih mempunyai kandungan zat yang dapat menggagalkan penetesan si telur kutu rambut. Caranya cukup oleskan di pangkal hingga ujung rambut kamu, biarkan sampai 2 jam. Lalu bilas dengan air bersih rambut kamu. Cara ini sebaiknya juga kamu lakukan hingga 3 kali untuk memastikan tidak ada lagi telur kutu rambut yang dapat menetas.

# 6. Dengan Kapur Ajaib.

Walaupun cara ini sudah bukan termasuk cara alami lagi, tapi cara ini termasuk cara yang cukup ampuh dan sangat cepat membasmi kutu rambut. Dipasaran sendiri sudah cukup banyak tersedia kapur ajaib atau kapur pembunuh serangga dengan berbagai merek tentunya. tinggal pilih saja yang kamu inginkan. Jika bisa hindari penggunaan dengan bahan ini, karena bisa merusak rambut kamu nantinya.

Tips Menghindari Kutu Rambut.


Jika memang cara diatas sudah kamu terapkan dan kutu rambut pun sudah mulai melenyap dari kepala kamu. Kini saatnya memastikan bahwa kamu atau keluarga tidak akan pernah terjangkiti kutu rambut lagi. Berikut ini beberapa tips berikutnya yang bisa kamu lakukan.

(*). Terapkan cara mengatasi kutu rambut diatas secara berkala, seperti menggunakan minyak kelapa sebulan sekali. Ini diharapkan agar jika ada kutu rambut beberapa ekor bisa langsung mati sebelum menjadi semakin banyak.

(*). Jangan tidur berdekatan dengan orang yang memiliki kutu rambut karena kutu rambut dapat meloncat.

(*). Periksa keluaga kamu, ini untuk memastikan bahwa keluarga yang lain sudah terjangkiti kutu rambut apa belum. Jika sudah, lakukan segera penanganan diatas.

(*). Pisahkan barang kamu, jangan pernah menempatkan topi ataupun jilbab ditempat yang sama, apalagi ditempat yang sama dengan barang orang lain yang memiliki kutu lantaran kutu dapat meloncat dengan mudah jika berdekatan.

Bersambung ke bagian : Cara Alami Mencegah dan Mengobati Panu

Sampai disini mudah-mudahan bisa di mengerti, itulah beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan di rumah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!