Cara Agar Tetap Sehat Walau Sering Begadang

Cara Agar Tetap Sehat Walau Sering Begadang - Sering begadang tapi tetap ingin selalu sehat merupakan keinginan kebanyakan orang saat ini di tengah meningkatnya kompetisi hidup. Tak bisa dipungkiri lagi, kegiatan begadang sudah menjadi kebiasaan banyak orang di jaman sekarang ini. Tuntutan pekerjaan merupakan faktor utama yang membuat banyak orang melakukannya. Sayangnya kesehatan menjadi taruhan dari kebiasaan ini. Padahal alasan banyak orang yang begadang adalah karena pekerjaan yang ujung-ujungnya untuk mendapatkan uang.

Mau Begadang! Sediakan Dulu Kopi yang Banyak - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Flickr.com

Sangat miris bukan, kalau uang yang diperoleh nantinya habis untuk biaya perobatan karena kesehatan terganggu akibat begadang. Berikut ini setelah saya lansir dari situs Healt Detik.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sahabat netter yang memang sering begadang namun tetap memikirkan bagaimana untuk tetap sehat selalu.

# 1. Minum Kopi.

Ini sudah menjadi rahasia umum bagi orang yang ingin begadang pasti meminum kopi sebagai penangkal ngantuk. Kopi yang mengandung zat kafein yang bisa mengurangi efek dari adenosine yaitu zat yang dihasilkan tubuh yang biasanya menimbulkan efek lelah pada tubuh manusia. Namun, jangan sampai berlebihan mengkonsumsi kopi karena juga tidak baik bagi kesehatan.

# 2. Menabung Tidur.

Bukan hanya uang yang bisa ditabung tapi tidur pun bisa ditabung. Bagaimana maksudnya? Bila kamu berencana untuk begadang, usahakanlah untuk tidur pada siang atau sore harinya. Hal ini bertujuan agar kinerja otak tetap prima dan bisa bekerja dengan baik saat menyelesaikan pekerjaan ditengah malam nantinya. Jadi, waktu tidur kamu dalam sehari terpenuhi dengan baik.

# 3. Perbanyak Asupan Protein.

Protein membantu untuk bisa tetap terjaga atau waspada sehingga membantu kamu bekerja dengan lebih pada tengah malam nantinya. Karena itu, pada sore hari konsumsilah makanan yang kaya akan protein. Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat sebelum begadang karena biasanya makanan yang tinggi karbohidrat bisa membuat kamu mudah mengantuk. Pada saat bekerja di tengah malam, agar tetap waspada dan konsentrasi, cobalah untuk mengkonsumsi cemilan yang tinggi protein seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

# 4. Tidur Singkat Sehabis Begadang.

Dianjurkan agar setelah begadang kamu tidur minimal sekitar 1-2 jam untuk mendapatkan kembali energy yang bisa digunakan untuk melanjutkan aktivitas kamu berikutnya. Namun, walaupun sudah tidur 1-2 jam setelah begadang, disarankan untuk tidak mengemudi untuk menghindari kecelakaan karena konsentrasi kamu yang belum maksimal.

# 5. Buatlah Ruangan Seterang Mungkin.

Berikan cahaya yang cukup terang pada ruangan tempat kamu begadang nantinya. Hindari menggunakan penerangan dengan lampu berwarna kuning yang biasanya akan menimbulkan efek kehangatan dan membuat kamu mengantuk. Cahaya terang akan menjadi sinyal otomatis bagi tubuh kamu untuk tetap terjaga.

Bersambung ke bagian : Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan apabila berencana begadang namun tetap ingin terlihat sehat. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!