Cara Memilih Bongkahan Batu Akik yang Bagus

Cara Memilih Bahan Bongkahan Batu Akik yang Bagus - Apapun ceritanya kalau bahannya sudah bagus pasti akan menghasilkan sesuatu yang bagus pula. Begitulah awal cerita dari pembahasan yang akan saya bawakan ini. Oleh karena itu sebelum membuat atau membentuk batu penjadi sebuah perhiasan, sebaiknya perhatikan bahan baku atau bongkahan batu akik yang akan dibentuk sehingga bisa menghasilkan perhiasan sesuai keinginan.

Berikut Ini Contoh Bongkahan Akik Yang Terbilang Bagus - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Plus.google.com

Hal itu berlaku pada semua jenis batu akik atau permata oleh karena pilihlah kualitas batu yang berkualitas bagus seperti memilih bongkahan atau bahan batu bacan, batu giok, kalimaya atau akik jenis lain yang banyak ditemukan di pasaran.

Lalu, bagaimana cara memilih dan bagaimana ciri-ciri bahan batu akik yang bagus? Pertanyaan seperti itu mungkin akan terlintas dipikiran kelektor pemula, jika kamu sudah lama mengenal batuan mulia tentu memilih bahan tidak akan mengalami kesulitan dan bisa dengan mudah membedakan mana bahan yang baik dan yang buruk sehingga bisa menentukan pillihan dengan tepat.

Kesalahan dalam memilih bahan tentu akan merugikan terlebih jika membelinya dalam jumlah banyak dengan maksud menjualnya kembali dalam bentuk perhiasan. Untuk meminimalisir kesalahan itu berikut ini sudah saya rangkum dengan jelas cara memilih bahan atau bongkahan batu akik yang bagus.

1. Jenis Batu.


Kenali terlebih dahulu karakter dan jenis batu akik yang hendak kamu beli. Misalnya bahan atau bongkahan (rough) batu giok, semua orang tahu bahwa batu giok secara umum berwarna hijau. Tapi tidak semua batu hijau itu batu giok karena ada jenis batu lain yang juga berwarna hijau tapi bukan batu giok. Namun jika kamu sudah mengenal batu tersebut dengan baik maka akan dapat dengan mudah membedakan mana batu giok dan mana yang bukan.

2. Kekerasan Batu.


Perhatikan juga tingkat kekerasan batu yang hendak dipilih. Karena jenis batu akik memiliki tingkat kekerasan yang berbeda pula. Biasanya tingkat kekerasan pada batu permata atau akik menjadi salah satu ukuran yang menunjukkan kualitas batu itu sendiri.

3. Menggunakan Senter.


Gunaan senter untuk memerikasa atau mengetahui kristal batu, Apa tembus cahaya atau tidak. Dengan begitu akan mudah mengetahui serat batu alami yang terdapat didalamnya sehingga bisa mengetahui kualitas batu.

4. Sertifikat.


Sertifikat dibutuhkan untuk membuktikan keaslian batu yang biasanya dikeluarkan oleh laboratorium gemologi. Saat ini banyak batu-batu berkualitas yang sudah disertifikasi untuk memberikan bukti dan kepercayaan bagi konsumen.

Sebelum memutuskan membeli batu terutama jika kamu tidak mengetahui banyak tentang batuan mulia sebaiknya tanyakan sertifikat pada penjual. Biasanya batu yang dilengkapi sertifikat termasuk dalam jenis batu yang berharga.

5. Kepercayaan.


Memilih bongkahan batu akik berkualitas memang gampang-gampang susah terlebih jika kita tidak mengenal banyak tentang batuan mulia. Jika kamu masih pemula kamu bisa bertanya langsung pada si penjual. Biasanya mereka akan berbicara apa adanya tentang batu yang mereka jual untuk memberikan kepuasan pada pelanggan.

Adapun ciri bahan batu akik yang bagus tergantung pada jenis batu itu sendiri. Hal terpenting adalah kenali terlebih dahulu jenis batu yang akan dibeli untuk memastikan tidak salah menilai sesuai karakteristik batu sehingga dapat memilih batu akik dengan tepat.

Baca Juga : Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkilap

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada sahabat kolektor batu akik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!