Cara Mudah Mengkilapkan Batu Cincin Akik Permata

Cara Mudah Mengkilapkan Batu Cincin Akik Permata - Ini adalah salah satu aktivitas menyenangkan dan biasanya sering dilakukan oleh kebanyakan penggemar batu di sela-sela waktu luang mereka. Namun, tanpa disadari aktivitas menyenangkan seperti itu bisa saja menjadi masalah terhadap batu yang dimiliki, jika tidak tahu cara melakukannya karena bisa jadi batu yang semula dalam kondisi baik, justru berubah rusak dan menjadi buram.

Batu Cincin Akik dan Cincin Permata - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google.com

Oleh sebab itu, sebelum melakukan treatmment pada permata, sebaiknya memahami dengan baik cara melakukannya untuk menjaga kemungkinan batu menjadi rusak, baik disebabkan cara menggosok yang salah atau bisa karena penggunaan bahan-bahan yang seharusnya tidak boleh digunakan untuk jenis permata tertentu.

Mengkilapkan batu cincin biasanya dilakukan karena merasa kurang puas dengan kondisi batu yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan, seperti buram, tidak rata dan sebagainya. Hanya saja perlu dilakukan secara berhari-hati trutama untuk jenis permata dengan tingkat kekerasan rendah karena akan menyebabkan batu menjadi tergores sehingga menghilangkan keindahannya. Oke, berikut ini cara sederhana dan mudah agar permata lebih mengkilap dan tidak menyebabkan kerusakan jika terjadi kesalahan.

  • Gosok permata dengan aluminium foil atau kertas bagian dalam bungkus rakok, cara menggosok, lakukan secara berlahan dan tidak terlalu menekan batu. Gunakan alas yang lembut seperti karet atau bahan yang tidak membuat batu tertekan.
  • Menggosok batu menggunakan kulit dengan dasar lembut (tidak kasar) seperti bekas dompet, atau tas yang sudah tidak terpakai.
  • Menggunakan bambu, cara ini banyak dilakukan tapi sebaiknya berhati-hati dan pilihlah bambu dengan permukaan halus (tidak terlalu kasar).
  • Menggosok batu memakai klaras pisang (daun pisang kering), pastikan alas daun pisang tidak keras.
  • Menggunakan serbuk intan, biasanya banyak dijual di toko penjual batu permata.

Beberapa cara diatas berlaku untuk permata yang sudah jadi, namun permukaan masih belum terlihat rata dan belum mengkilap secara sempurna. Namun, sebaiknya sebelum melakukan penggosakan pastikan kamu sudah mengenal karakter batu yang kamu miliki, karena untuk jenis permata dengan kekerasan rendah seperti batu pirus biasanya lebih mudah termakan saat digosok untuk itu sebaiknya lakukan secara berlahan.

Untuk mengkilapkan batu permata secara sempurna tidak perlu terburu-buru, biasanya untuk mendapatkan kualitas yang maksimal akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk menjadikannya lebih bagus.

Baca Juga : Cara Merawat Batu Akik Agar Cepat Tua

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada sahabat kolektor batu akik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!