Cara Merawat Batu Akik Agar Cepat Tua

Cara Merawat Batu Akik Agar Cepat Tua dan Mengkristal - Memiliki batu akik yang berkilau dan terlihat sempurna karena keindahannya adalah keinginan bagi semua kolektor, sehingga banyak dari mereka yang selalu melakukan perawatan terhadap batu yang mereka miliki, mulai dari menggosok agar batu terlihat mengkilap sampai melakukan treatment-treatment agar batu semakin mengkristal dan cepat tua.

Contoh Batu Akik Tua dan Muda - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google.com

Sebagian pencinta batu akik mulia percaya bahwa sebuah batu yang sudah dibentuk menjadi sebuah perhiasan sekalipun masih bisa semakin bagus dan mengkristal. Misalnya batu yang sudah dibentuk menjadi liontin atau cincin masih bisa mengkristal secara alami walaupun batu tersebut sering dikenakan dan dipakai sebagai perhiasan.

Terlebih jika batu itu sering dirawat dengan cara direndam atau menggunakan tindakan tertentu agar batu semakin menua dan mengkristal terutama batu yang masih muda atau batu yang tidak begitu mengkristal, maka dengan perawatan yang baik batu akan menjadi semakin mengkristal dan indah.

Hanya saja pastikan tidak ada kesalahan dalam melakukan perendaman atau cara-cara lain yang bisa saja malah merusak batu. Misalnya merendam batu dengan air mendidih atau cairan yang mengandung bahan kimia yang bisa merusak batu, kecuali mengetahui kondisi atau karakteristik batu yang memungkinkan direndam menggunakan-bahan kimia.

Sebaiknya melakukan perawatan batu cincin akik, adalah dengan menggunakan cara-cara yang alami yang sudah dipastikan tidak merusak batu misalnya dengan cara menggosokkan batu pada pada kain yang bersih atau bahan kulit yang lembut jika hanya sekedar untuk mengkilapkan batu akik yang dimiliki. Oke, berikut ini langkah-langkah sederhana dalam melakukan perawatan batu yang bisa dilakukan agar batu akik bisa menjadi lebih tua dan lebih mengkristal.

  1. Siapkan 1 gelas air kelapa muda atau tua.
  2. Lalu masukkan batu akik kedalamnya.
  3. Kemudian tutup rapat.
  4. Biarkan selama 1×24 jam.
  5. Setelah itu keringkan batu dengan cara mengangin-anginkan.

Jika teknik perendaman menggunakan air kelapa seperti yang telah disebutkan menimbulkan kekhawatiran akan merusak, sebaiknya jangan dipaksakan, terlebih untuk jenis batu akik yang tergolong rapuh atau memiliki tingkat kekerasan rendah seperti batu pirus atau jenis batu akik lain alangkah baiknya gunakan cara lain misalnya dengan cara menggosokannya pada kain tebal dan halus agar batu mengkilap.

Baca Juga : Batu Cincin Akik Termahal Di Indonesia

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada sahabat kolektor batu akik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!