Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkilap

Cara Merawat Batu Bacan Agar Makin Mengkilap dan Mengkristal - Salah satu ciri batu bacan yang bagus dan asli adalah ketika terlihat berkristal secara sempurna, bening dan mengkilap termasuk tidak memiliki banyak bercak didalamnya. Namun untuk corak yang seperti itu sudah dapat dipastikan harganya sangat tinggi. Kebanyakan para penggemar pemula masih berpikir panjang untuk membeli batu tersebut, biasanya lebih memilih jenis bacan yang agak muda dengan ciri warna gelap atau tidak bening dan tampak keputihan.

Batu Bacan Doko - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Plus.google.com

Batu bacan terlihat seperti itu sebenarnya dikarenakan batu masih muda dan masih banyak menyimpan zat kapur didalamnya. Tapi karena tingginya permintaan dan banyaknya peminat, membuat harga batu asal Halmahera itu terus mengalami kenaikan sehingga batu yang masih belum mengkristal pun bisa laku dipasaran dengan harga yang lebih terjangkau.

Bagi kolektor yang sudah berpengalaman mentreatment batu permata seperti batu bacan yang masih muda agar cepat kristal bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengangkat zat kapur yang ada didalamnya dengan cara merendam batu. Hanya saja bagi yang belum berpengalaman bisa saja gagal bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada batu. Oke, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan agar batu bacan cepat kristal dan mengkilap secara sempurna.

  • Selalu meluangkan waktu untuk membersihkan batu dengan air yang sudah dicampur dengan sabun. Gosok batu secara berlahan menggunakan kain lembut untuk menghindari terjadinya goresan terlebih jika lap kain yang digunakan kotor.
  • Hindari dari benturan keras dengan benda lain baik saat bekerja atau melakukan aktivitas lain. Hal itu untuk menjaga batu agar tidak tergores atau meninggalkan bekas goresan benda lain pada permukaan.
  • Jangan dibawa tidur. Sebaiknya jika hendak tidur lepaskan saja dan letakkan ditempat yang terbuka agar terkena angin.
  • Jika batu sedang tidak dipakai jangan menyimpan di tempat tertutup seperti dalam kotak, terutama untuk batu bacan yang masih dalam proses kristal. Hal itu diperlukan untuk membantu batu berproses secara alami alami lebih mengkristal.
  • Mengkilapkan batu dengan cara mengoles batu dengan minyak zaitun atau minyak angin dan baby oil agar batu bisa lebih berkilau. Namun yang paling mudah dan aman cukup dengan menggosk-gosokkan pada kain kering.

Namun, beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan banyak hal terutama dalam hal perawatan dan treatment terhadap batu bacan yang kamu miliki sebaiknya pikirkan terlebih dahulu, apa hal itu sudah benar dilakukan atau belum.

Sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang aneh, terlebih jika batu sudah mengkristal karena jka terjadi kesalahan, bukannya batu menjadi labih bagus justru bisa berubah menjadi hangus atau rusak.

Baca Juga : Cara Mengkilapkan Batu Cincin Akik Permata

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada sahabat kolektor batu akik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!