Khasiat Batu Cincin Akik Menurut Warna dan Cakra

Khasiat Batu Akik atau Cincin Permata Menurut Warna dan Cakra - Sejak ribuan tahun tahun permata sudah dikenal oleh masyarakat, hanya saja ketenarannya baru terjadi akhir-akhir ini. Banyak masyarakat yang telah percaya bahwa jenis batu alam yang mengendap selama ribuan bahkan jutaan tahun dalam perut bumi itu memiliki khasiat dan manfaat bagi pemakainya. Belakangan ini batu permata memang telah menjadi fenomena, baik dikalangan rakyat biasa sampai ke pejabat bahkan kalangan anak muda, kini ikut berburu akik.

Batu Cincin Akik dan Cincin Permata - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google.com

Entah apa alasan mereka, namun yang jelas sejak ribuan tahun lalu akik sudah di jadikan sebagai perhiasan mewah bagi kalangan para raja dan pangeran, karena dipercaya memiliki manfaat, diantaranya dapat membuka aura pemakainya.

Selain itu juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan ketidak seimbangan emosi yang mengangakibatkan berbagai keluhan kesehatan, sehingga dengan menggunakan akik yang cocok yang secara alami mengandung daya elektromagnetik, batu permata diyakini dapat menetralisir pengaruh negatif terhadap tubuh. Bagaimana cara memilih permata atau batu mulia yang cocok? Berikut ini beberapa kriteria batu akik yang cocok menurut warna dan cakra.

1. Warna Ungu (Cakra Mahkota - Sahasrara / Cakra Ke-7)


Batu Cincin Kecubung - Netterku.com
Batu Kecubung

Warna Ungu banyak dimiliki Batu Kecubung atau Amethyst dan Turmalin. Jenis ini di identik dengan warna para raja sejak ribuan tahun silam. Hal itu pula yang menjadikan alasan bahwa warna ungu selalu dikaitkan dengan Cakra Mahkota yang merupakan cakra utama dan tertinggi dalam tubuh manusia yang terletak pada bagian kepala atau ubun-ubun.

Khasiat dan Manfaatnya : Dapat meningkatkan daya pikir dan kecerdasan, kedamaian, serta menjaga diri dari pengaruh buruk, alkohol, untuk ketenangan, kedamaian dan menyeimbangkan emosi. Batu kecubung yang juga dikenal dengan nama "Amethyst" berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti "Jangan mabuk". Dan merupakan jenis batuan mineral kuarsa dengan warna kristalnya yang cantik dan sangat indah.

2. Warna Biru - Indigo dan Ungu (Cakra Ajna / Cakra Ke-6)


Batu Cincin Safir - Netterku.com
Batu Safir

Warna biru banyak terdapat pada jenis permata seperti Safir, Lapis Lazuli atau Turmalin. Batu ini sering dikaitkan dengan Cakra Ajna yang merupakan cakra yang terletak di kening atau antara 2 alis.

Khasiat dan Manfaatnya : Mempertajam intuisi, pencarian identitas diri menuju kebenaran, kecerdasan mental, kasadaran rohaniah dan batiniyah dan kebijakan. Memperkuat dan mempertajam organ tubuh seperti mata, telinga, hidung dan sinus.

3. Warna Biru Muda - Hijau Kebiruan (Cakra Vishudda / Cakra Ke-5)


Batu Cincin Topaz - Netterku.com
Batu Topaz

Warna Hijau Kebiruan dan Biru Muda terdapat pada jenis permata diantaranya Topaz biru, Turmalin biru, Phirus, Bacan Palamea dan lain-lain. Jenis cakra yang dimilikinya adalah Cakra Vishudda yang terletak pada tenggorokan dan merupakan cakra kelima dalam tubuh manusia.

Kahasiat dan Manfaatnya : Dapat mempengaruhi daya kerja tenggorokan atau meliputi organ yang berkaitan dengan paru-paru, leher, indra pengecap, pada bagian leher, seperti suara, meningkatkan kelancaran berbicara, menyehatkan leher atau semua yang berkaitan dengan kreativitas, ekspresi, komunikasi termasuk loyalitas dan kebijaksanaan.

4. Warna Hijau (Chakra Hati - Anahata / Cakra Ke-4)


Batu Cincin Jenis Bacan - Netterku.com
Batu Bacan

Pada permata atau batu akik warna hijau banyak terdapat pada batu giok, batu bacan doko, batu sungai dareh, batu lumut aceh, malasit, turmalin, kalsit, mata kucing hijau, batu garut hijau dll. Sering dikaitkan dengan Cakra Anahata yang merupakan cakra ke empat yang terletak pada bagian jantung dan dada.

Khasiat, Manfaat, Fungsi dan Kegunaannya : Memperkuat organ pada bagian jantung, menimbulkan rasa cinta, kesetiaan dan empati, rasa welas asih, meningkatkan pemahaman, kemudahan dalam beradaptasi, rasa simpati, kedamaian, ketenangan, menetralisir emosi negatif, keramahan dan kebaikan dalam hidup.

5. Warna Kuning - Keemasan (Chakra Solar Plexus - Manipura / Cakra Ke-3)


Batu Akik Topaz Kuning - Netterku.com
Batu Topaz Kuning

Warna ini banyak terdapat pada jenis batu akik atau permata Safir, Topaz, Mata Kucing, Citrin, Batu Cempaka atau jenis akik yang berwarna kuning atau keemasan atau warna paling mendekati. Cakra Manipura pada batu jenis ini merupakan cakra ke tiga pada tubuh manusia yang terletak pada bagian atas pusar (5 cm dari pusar).

Khasiat, Manfaat dan Fungsiya : Berkaitan dengan emosional terutama yang berhubungan dengan egoisme, keperpercayaan diri, optimisme, simpel dan praktis, daya intelektualitas, kejujuran dan keterbukaan, humoris, vitalitas pada pria, memperkuat tubuh, maag, pankreasm, pencernaan, limpa dan usus.

6. Warna Orange dan Jingga (Chakra Sakral - Svadisthana / Cakra Ke-2)


Batu Akik Orange Citirine - netterku.com
Batu Orange Citirine

Warna ini terdapat pada banyak batuan mulia atau hampir semua batu permata mengarah ke warna orange. Pada batu ini terdapat cakra jenis Svadisthana adalah cakra dua terletak pada antara abdomen bawah dan kubul.

Khasiat dan Kegunaannya : Meningkatkan daya kreativitas, hubungan dalam kehidupan sosial, semangat hidup, energik, berkaitan tingkat kesuburan baik pria atau wanita dan vitalitas.

7. Warna Merah (Chakra Dasar - Muladhara / Cakra Ke-1)


Batu Cincin Ruby - Netterku.com
Batu Ruby

Warna ini banyak ditemukan pada jenis batu akik seperti Ruby, Merah Siam, Koral, Jasper dan lain-lain. Dikaitkan dengan Chakra Muladhara merupakan cakra dasar yang terletak pada tulang ekor. Organ yang berkaitan dengan seperti ginjal, kantong urine dan usus besar.

Khasiat dan Kegunaannya : Berkaitan dengan daya tahan secara fisik, kemampuan bekerja yang berkaitan dengan fisik, pengendalian diri terhadap naluri dan emosional, kemauan, ambisi, keberanian dan spontanitas semua yang berkaitan hawa hangat yang mengalir dalam tubuh.

Itulah khasiat Batu akik atau permata berdasarkan warna dan cakra pada tubuh manusia. Sedangkan warna lain seperti warna hitam, abu-abu, pink dan lain-lain mengarah pada ke miripan warna atau warna paling mendekati dengan warna sesuai cakra yang telah disebutkan.

Baca Juga : Cara Proses Batu Bacan Cepat Mengkristal Secara Alami

Itulah beberapa informasi yang bisa saya berikan kepada sahabat kolektor batu akik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!