Cara Proses Batu Bacan Cepat Mengkristal Secara Alami

Cara Proses Batu Bacan Agar Cepat Mengkristal Secara Alami - Semua jenis batu mulia yang mengkristal secara sempurna dan mengkilat merupakan salah ciri batu yang baik yang berasal dari bongkahan yang berkualitas, sehingga harganya bisa sangat mahal. Begitu juga untuk jenis batu bacan yang sudah kristal dengan sempurna tentu harus mengeluarkan dana cukup yang besar. Sehingga banyak kolektor yang melakukan treatment sendiri dari batu bacan yang muda kemudian di proses agar menjadi kristal alami.

Batu Bacan Doko - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Plus.google.com

Sehingga demikian mereka sudah dapat memiliki batu berkualitas tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam, pasalnya jenis batu bacan yang masih muda dan masih belum jadi, biasanya harganya lebih terjangkau. Dengan cara proses treatment yang benar dan tepat bisa membuat batu mulia yang semula masih banyak mengandung zat kapur bisa mengkristal secara alami.

Batu bacan yang sudah mengkristal memang akan terlihat sangat indah, warna hajaunya tampak alami dan trasparan sehingga dapat tembus cahaya, tanpa penghalang dan membuat batu tampak jernih, walaupun mungkin masih ada bercak-bercak namun biasanya jika dilakukan perawatan yang baik dalam waktu singkat bisa bertambah jernih.

Jika kamu memiliki batu bacan yang belum mengkristal secara sempurna, sesuai karakter batu yang bisa mengkristal secara alami cepat atau lambat biasanya batu akan mengkristal dengan sendirinya. Untuk memproses batu agar cepat mengkristal bisa dilakukan dengan menerapkan cara-cara yang ada di bawah ini.

  1. Melakukan penggosokan pada batu secara teratur menggunakan kulit atau klaras pisang (daun pisang kering) dan bisa dilakukan saat waktu senggang.
  2. Lakukan perendaman dengan air hujan atau cairan isotonik selama semalaman.
  3. Keesokan harinya angkat dan jemur lakukan sekita jam 10 sampai 11 siang.
  4. Kemudian gosok dengan kain lembut dan amati setelah batu mulai mendingin apa ada perubahan warna?
  5. Jika belum bisa lakukan perendaman ulang dan jemur, tapi jangan terlalu lama lalu lap menggunakan kain halus.
  6. Biasanya batu yang masih mengandung zat kapur akan tampak zat kapur di bagian permukaan batu.
Perendaman dilakukan berfungsi untuk mencairkan zat yang ada didalamnya termasuk bahan minyak atau kimia yang sebelumnya mungkin pernah dilakukan orang lain. Karena itu sebaiknya melakukan proses treatment untuk mengkilatkan batu bacan lakukan secara hati-hati untuk menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan pada batu

Baca Juga : Cara Memilih Bongkahan Batu Akik yang Bagus

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan kepada sahabat kolektor batu akik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!

Subscribe to receive free email updates: