Tips Mudah Merawat AC

Tips Mudah Merawat AC - Indonesia yang beriklim tropis membuat hampir setiap rumah memiliki setidaknya satu unit Air Conditioner (AC). Ditambah lagi cuaca panas khususnya di kota besar seperti Jakarta semakin mendorong setiap orang untuk mempunyai AC di tempat tinggalnya. Dapat dikatakan, AC merupakan kebutuhan hampir setiap orang.

Cara Memperbaiki AC Rusak - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Sejasa.com

Oleh karena itu, perawatan AC juga harus maksimal. Beberapa tips merawat AC di bawah ini dapat langsung Anda aplikasikan karena caranya mudah dan tidak memakan banyak waktu :

1.   Jangan Lupa Matikan AC.

Bila Anda hendak berpergian atau ruangan tidak digunakan, jangan lupa untuk mematikan AC. Meski terbilang cukup mudah, karena pengoperasiannya yang sederhana dengan hanya memencet tombol di remote control, namun perawatan yang satu ini sering kali diabaikan.

Bila udara tidak terlalu panas di luar rumah, usahakan untuk mematikan sekitar satu atau dua jam dalam sehari. Bila perlu gunakan timer yang terdapat dalam fasilitas AC. Apabila Anda sudah mematikan AC, buka lebar-lebar jendela dan pintu agar terjadi pertukaran udara.

2.   Jangan Menyetel Suhu di Bawah 22 Derajat Celcius.

Menyetel suhu di bawah 22 derajat akan membuat mesin AC bekerja lebih keras terus menerus dan mengakibatkan boros energi. Komponen-komponen AC dipaksa bekerja keras setiap saat, dan malah menjadi cepat rusak. Atur suhu AC sesuai dengan suhu ruangan yang nyaman, yaitu 25 derajat. Pilih AC yang hemat listrik dan efisien dalam penggunaannya.

3.   Rawat Kebersihan AC.

Periksa komponen filter udara pada AC minimal sebulan sekali. Penyaring udara yang kotor akan menghambat proses sirkulasi udara dan menjadi tempat yang nyaman bagi kuman, bakteri, dan jamur untuk berkembang.

Bakteri inilah yang akan mengalir ke bagian Evaporator Coil (Gulungan Penguap) kemudian menyebar ke seluruh ruangan. Komponen AC yang kotor dapat mempengaruhi kinerja AC menjadi lebih berat, sehingga tidak menghasilkan dingin yang maksimal.

4.   Penggunaan yang Selektif.

Minimalkan potensi gangguan kesehatan dengan seselektif mungkin dalam penggunaan AC, sebab bila di suatu ruangan yang sama terdapat anggota keluarga yang sakit, virus dan kumannya dapat menyebar melalui udara dari AC.

Jadi bila ada anggota keluarga yang sakit flu atau batuk, usahakan seminimal mungkin menggunakan AC. Saran ini juga berlaku apabila ada salah satu anggota keluarga yang merokok di dalam ruangan atau bila ruangan dan perabotannya sedang dibersihkan.

5.   Lakukan Service Rutin.

Agar lebih aman dan nyaman, rawatlah AC dengan memanggil penyedia jasa service AC yang terpercaya minimal tiga bulan sekali. Perawatan ini tidak hanya untuk memastikan AC menjadi lebih awet dan hemat biaya bulanan listrik, namun juga demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Anda dapat mempercayakan perawatan dan service AC di Sejasa.com. Hal ini karena setiap penyedia jasa yang tergabung di Sejasa.com sudah melalui tahap verifikasi. Selain itu, Anda juga dapat melihat halaman business profile penyedia jasa lengkap dengan portfolio hasil pekerjaan mereka dan review yang telah diberikan oleh customer yang telah menggunakan jasa mereka sebelumnya.

Penyedia jasa service AC juga tersebar di setiap wilayah Jakarta, yaitu di Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Sehingga Anda akan semakin mudah untuk menggunakan jasa service AC di Sejasa.com karena penyedia jasa tersebut berlokasi dekat dengan tempat tinggal Anda.

Semoga berita tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan jasa service yang baik sesuai dengan yang anda harapkan. Selalu perhatikan secara detail mengenai service yang mereka berikan! Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di Situs Berita NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!