Standar Ukuran Kartu Nama

Standar Ukuran Kartu Nama - Berapa ukuran standar untuk cetak kartu nama? Mungkin pertanyaan seperti inilah yang terlintas di benak kita saat kita ingin membuat kartu nama untuk mempromosikan bisnis yang sedang kita geluti. Selain motif dan desain, ukuran kartu nama juga memegang peranan yang tidak kalah penting untuk memaksimalkan daya guna dan fungsi kartu nama yang nantinya akan kita gunakan untuk menyebarluaskan jaringan bisnis kita.

Ukuran Kartu Nama Yang Cocok Untuk Kamu - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - CustomBagus.com

Ada keuntungan tersendiri jika kita mengetahui ukuran standar kartu nama. Ukuran kartu nama akan memudahkan kita dalam merancang susunan dan tata letak teks dan gambar yang akan dimasukkan dalam kartu nama tersebut. Tentu kita kesulitan untuk cetak kartu nama sesuai dengan yang kita harapkan tanpa mengetahui ukurannya, seperti pelukis yang tidak tahu ukuran kanvas yang akan digunakan.

Setiap negara memiliki kecendrungan untuk menggunakan ukuran kartu nama yang berbeda-beda, dengan aspek rasio (ukuran lebar dan tinggi) berkisar antara 1.42 sampai 1.8. Di Indonesia sendiri, ukuran yang paling umum digunakan adalah 89 x 54 mm dan 90 x 55 mm. Berikut ukuran kartu nama yang sering dipakai di negara lain :

DotNet Inggris, Italia, Perancis, Jerman, Belanda, Spanyol, Swiss, Belgia, Slovenia, Portugal, Austria, Irlandia, dan Turki biasa menggunakan kartu nama berukuran 85 x 55 mm (3.346 x 2.165 inci)

DotNet Amerika Serikat dan Kanada biasanya cetak kartu nama menggunakan ukuran 88.9 × 50.8 mm (3.5 x 2 inci)

DotNet Australia, Denmark, Selandia Baru, Norwegia, Swedia, Taiwan, Vietnam,  dan Kolombia biasa menggunakan ukuran 90 x 55 mm (3.54 x 2.165 inci)

DotNet Jepang biasanya menggunakan 91 x 55 mm (3.582 x 2.165 inci) sebagai ukuran kartu nama

DotNet China, Hongkong, Singapura, dan Malaysia biasa menggunakan ukuran 90 x 54 mm (3.543 x 2.125 inci) saat cetak kartu nama

DotNet Iran biasa menggunakan ukuran kartu nama 85 x 48 mm (3.346 x 1.889 inci)

DotNet Sri Lanka, Argentina, India, Brazil, Bosnia Herzegovina, Costa Rica, Rep. Ceko, Kroasia, Estonia, Finlandia, Hungaria, Israel, Kazakhstan, Lithuania, Polandia, Rumania, Rusia, Serbia, Montenegro, Slovakia, Ukraina, Uzbekistan, Bulgaria, Latvia, Mexico, Korea Selatan dan Afrika Selatan biasa menggunakan ukuran 90 x 50 mm (3.543 x 1.968 inci)

DotNet Ukuran Credit Card, ISO 7810 ID-1 = 85.60 × 53.98 mm (3.370 x 2.125 inci)

DotNet Ukuran A8, ISO 216 = 74 x 52 mm (2.913 x 2.047 inci)

Semua Ukuran Ada Disini, Kamu Pilih Yang Mana?
Ukuran Yang Cocok

Menentukan Ukuran Kartu Nama


Setelah kita melihat perbedaan dan perbandingan ukuran kartu nama di atas, mungkin kita sedikit bingung untuk memilih salah satunya. Pilih ukuran Eropa? Amerika? China? Atau Indonesia?. Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk memilih ukuran yang akan Anda gunakan untuk cetak kartu nama :

DotNet Sebagai salah satu benda yang collectable, ukuran kartu nama harus bisa disesuaikan dengan media penyimpanannya, baik dalam dompet,  katalog buku kartu nama, kotak box, ataupun tempat untuk mengoleksi lainnya.

Inilah Tempat Penyimpanan Kartu Nama Yang Sering Digunakan - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Tempat Penyimpanan Kartu Nama

Jangan sampai kartu nama yang telah kita buat sedemikian rupa terlalu kecil atau bahkan terlalu besar.  Bukan kesan pertama yang baik yang kita dapatkan, bisa jadi kartu nama itu hanya akan berakhir di tong sampah. Nasib... Untuk mengantisipasi hal ini, mungkin ada baiknya bila kita menyesuaikan ukuran kartu nama dengan ukuran Kartu Tanda Penduduk. Karena belum ada ceritanya ukuran KTP terlalu kecil atau terlalu besar.

DotNet Ukuran kartu nama turut mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan saat proses cetak kartu nama. Tentukan budget yang siap untuk kita bayarkan. Kita harus cermat dalam menyeimbangkan antara ukuran, desain, dan budget yang tersedia di kantong kita. Tentu kita tidak ingin seperti pepatah; sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Sudah mengeluarkan waktu, uang, dan pikiran untuk membuat kartu nama,  setelah jadi malah hanya tersimpan rapi di atas meja. Sangat disayangkan jika daya guna dan fungsi kartu nama yang begitu ajaib tidak dapat tercapai dengan maksimal hanya gara-gara ukurannya.

Nah, sekarang kita sudah tahu bahwa tidak ada aturan khusus yang menentukan dimensi atau ukuran kartu nama. Artinya, kita bebas menentukan ukuran kartu nama yang akan kita buat. Namun bebas di sini bukan berarti bebas sebebas-bebasnya. Kita juga harus memastikan bahwa kartu nama yang telah dicetak tetap terlihat profesional dan bisa memberikan kesan yang baik pada klien potensial kita.

Cukup sekian informasi penting ini buat anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Horasss!

Subscribe to receive free email updates: