Tips Membuat Jus Buah Enak dan Sehat

Tips Membuat Jus Buah Enak dan Sehat - Masih beberapa bulan saya mengenal Minuman enak yang satu ini, setelah kemarin di perkenalkan oleh seorang sahabat untuk mencoba Jus Alpukat yang di pesannya. Dulu saya berfikir kalau Jus itu rasanya tidaklah enak, dan lebih baik buah-buahan yang dikelola tersebut dimakan begitu saja. Tapi setelah di tempelkan di lidah, wihh rasanya memang begitu enak. Saya kurang tahu apa saja kandungan yang ada di dalamnya sehingga membuat Jus tersebut enak di minum.

Kumpulan Jus dan Buah yang begitu Segar - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet

Anda pasti sudah sering menikmati dan bahkan tidak asing lagi dengan minuman berwujud Buah/Sayuran ini. Selain rasanya yang enak ternyata juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk Kesehatan tubuh kita. Apakah anda tertarik ingin membuatnya sendiri? sebagai bahan referensi, di Blog ini akan saya tuliskan tips jitu membuat jus yang sehat dan tentunya enak. Langsung saja lihat tipsnya di bawah.

:#: 1. Gunakan Bahan Organik untuk Membuat Jus.

Jus sehat sebaiknya menggunakan bahan yang Organik, memang bahan organik cenderung lebih mahal namun berusahalah membat jus organik walaupun hanya sebagiannya saja, kalaupun tidak cobalah untuk mendapatkan bahan bahan yang bebas Pestisida, agar kita benar-benar bisa mengambil manfaat dari jus tersebut. Sayuran serta buah dari tanaman Budidaya Tradisional umumnya kurang terjamah oleh Pestisida dan pemupukan Intensif seperti Bayam, Tauge, Sirsak, Alpukat, Kesemek, Jambu Air, Rambutan, Sawo, Delima, Mangga, Jambu biji Lokal, Pepaya dan Pisang.

:#: 2. Membuat Jus dengan Bahan yang Mentah.

Untuk memperoleh Enzim yang lebih banyak, membuat jus sebaiknya dengan menggunakan bahan yang mentah untuk menjaga kandungan enzim dan Senyawa Fitonutrisi yang merupakan Anti Oksidan dalam buah dan sayuran. Kalau anda memasaknya terlebih dahulu maka akan membuat Enzim tidak aktif, karena zat tersebut sangat Sensitif terhadap Suhu Pana. Dengan menjaga keutuhan enzim nutrisi dalam jus buah akan mudah terserap oleh Tubuh kita.

:#: 3. Jangan Mengkupas Kulit Buah.

Kulit buah Seperti Apel, Wortel, Jambu dan lain-lain ternyata mengandung banyak Serat dan Pektin yang sangat bermanfaat meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam usus, mengatasi kadar lemak atau kolesterol dan terigliserida berlebihan, memperkecil resiko kanker, dan menurunkan kegemukan, buah dan sayur organik yang kulitnya bisa dimakan sebaiknya jangan dikupas sebelum dibuat jus. Namun buah dan sayuran yang kulitnya tidak bisa dimakan sebaiknya dikupas saja. Perlu diperhatikan saat memotong buah sebaiknya setelah dicuci bersih agar tidak banyak Nutrisi larut air yang banyak terbuang pada saat Pencucian.

:#: 4. Hindari Gula Pasir, Sirup dan Susu Kental Manis.

Agar jus benar-benar bermanfaat, para ahli kesehatan telah menyarankan agar tidak mencampurkan Gula Pasir, Sirup atau Susu kental manis kedalam jus terapi kita karena bahan-bahan tersebut dapat mengurangi Efek pengobatan dari jus sehat kita. Dalam pencernaan, gula pasir akan merusak zat-zat yang bermanfaat sehingga zat gizi tersebut tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh secara Optimal. Selain itu kandungan gula pasir dalam jus yang kaya vitamin C justru akan mengurangi peran vitamin C sebagai pengendali sistem kekebalan tubuh.

:#: 5. Menggunakan Bahan Pemanis yang Alami.

Untuk mendapat Bahan Pemanis yang alami agar Rasa Jus manis dapat digunakan buah-buahan kering seperti Kurma dan Kismis dengan cara direndam terlebih dahulu sampai mengembang lalu di Campurkan kedalam Jus. Namun untuk penderita Kencing Manis (Diabetes Mellitus) sebaiknya menghindari buah kering dalam jus buah atau sayur.

Setelah semua selesai Jus bisa langsung diminum dan untuk memperoleh manfaat Nutrisi buah terbaik Jus buah disarankan untuk diminum saat perut dalam keadaan kosong misalnya Pagi Hari ketika bangun tidur atau sebagai ganti minuman sore, adapun jus sayuran boleh diminum berdekatan waktunya atau bersamaan dengan waktu makan. Dan disarankan agar tidak minum jus sayuran di pagi hari tanpa disertai dengan makanan.

Bersambung ke bagian : Tips Mengatur Jam Kerja yang Efektif

Demikian informasi tips yang dapat saya berikan kepada sahabat NetterKu sekalian. Silahkan anda bagikan kepada sahabat Netter yang lain kalau tips ini bermanfaat untuk di baca. Tunggu informasi kelanjutannya yang lebih menarik di Blog NetterKu.com. Terima kasih telah berkunjung di Blog ini dan sampai ketemu di lain waktu, Thanks!