Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Jantung

Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Jantung - Ini merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh kita yang tentunya sangat perlu di jaga kesehatannya, mengingat penyakit ini dapat menjadi 'Silent Killer' bagi siapa saja yang menderita penyakit tersebut. Beberapa orang dengan kondisi yang sehat terkadang ditemukan telah menderita penyakit jantung yang akut. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, mulailah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ini setidaknya akan meminimalisir anda terkena akan penyakita berbahaya tersebut.

Perlu Kita Menjaga Kesehatan Jantung - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Di dunia, Indonesia sudah menjadi salah satu negara terbanyak dengan tingkat penyakita jantung yang di derita oleh penduduknya. Jangan sampai anda menjadi salah satu di antara sekian banyak yang mengalami musibah tersebut. Mulailah mengambil sikap yang dapat menjauhkan kita dari penyakit jantung. Berikut ini adalah langkah terbaik dalam menjaga kesehatan jantung melalui Gaya Hidup Sehat yang dapat anda lakukan mulai hari ini juga.

# 1. Jangan Merokok.

Merokok itu Berbahaya untuk Kesehatan, karena merupakan salah satu faktor risiko yang paling tinggi untuk meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan bahan kimia di dalam tembakau dapat mengaggu kesehatan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga memicu penyempitan pembuluh darah atau lebih dikenal Aterosklerosis. Ini sangat berperan dalam menyebabkan serangan jantung. Bila anda ingin mencegah penyaki jantung tidak ada merokok yang aman, meskipun beberapa orang mengatakan bahwa tembakau tanpa asap dan tar rendah dan juga rokok rendah nikotin juga akan berisiko.

Kandungan bahan kimia yang berbahaya justru membuat kesehatan jantung anda berbahaya, seperti halnya saja terjadi paparan asap rokok. Selain itu, nikotin dalam asap rokok yang membuat jantung anda bekerja lebih ekstra dengan mempersempit pembuluh darah, meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Karbon monoksida dalam asap rokok juga menggantikan beberapa oksigen dalam darah anda.

Hal ini akan meningkatkan tekanan darah dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memasok oksigen yang cukup. Kabar baiknya bagi anda yang berhenti merokok meskipun telah merokok bertahun tahun akan mengakibatan menurunnya resiko penyakit jantung yang secara dramatis. Hal ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung pasca berhenti merokok dengan segera.

# 2. Latihan Selama 30 Menit Setiap Hari.

Latihan sehari-hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung fatal. Jadi Anda dapat menggabungkan aktivitas fisik Anda dengan gaya hidup yang nantinya saling mendukung satu dengan lainnya, seperti menjaga berat badan yang ideal. Cobalah membiasakan 30 sampai 60 menit aktivitas fisik yang cukup intens setiap hari dalam seminggu. Kegiatan seperti berkebun, rumah tangga, naik tangga dan berjalan semua hitungan terhadap total latihan yang anda lakukan. Dalam mendapatkan manfaat latihan anda harus memperhatikan intensifitas frekusensi dan juga durasi. Bagi anda yang terlalu memporsir olahraga juga tidak baik karena dapat membuat lelah dan menggagu aktivitas anda.

# 3. Mengkonsumsi Makanan Sehat untuk Jantung.

Makan diet khusus yang disebut Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) adalah pola makan yang membantu melindungi jantung anda. Setelah diet DASH berarti makan makanan yang rendah lemak, kolesterol dan garam. Diet kaya buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak, yang dapat membantu melindungi jantung Anda. Kacang, sumber rendah lemak protein lain dan jenis ikan tertentu juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

# 4. Menjaga Berat Badan yang Sehat.

Salah satu cara untuk melihat apakah berat badan anda sehat atau masih dalam keadaan normal adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (BMI), yaitu pertimbangan tinggi badan dan berat badan anda dalam menentukan berat badan yang ideal begitupun dengan lemak tubuh yang dimiliki yang beresiko menimbulkan kolestrol pemicu penyakit jantung. Pada kasus penderita kelebihan berat badan dengan indeks BMI lebih dari 25 dikaitkan dengan lemak di dalam darah yang lebih tinggi, hipertensi dan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Bahkan berat badan kecil dapat bermanfaat. Mengurangi berat badan Anda dengan hanya 10% dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko diabetes.

# 5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin.

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak jantung dan pembuluh darah. Tapi tanpa pengujian untuk hal tersebut, anda mungkin tidak akan tahu apakah anda memiliki kondisi ini. Skrining rutin dapat memberitahu kesehatan. Berikut beberapa kesehatan yang harus anda perhatikan seperti tekanan darah. Orang dewasa harus memiliki tekanan darah mereka diperiksa setidaknya setiap dua tahun. Anda mungkin perlu pemeriksaan yang lebih rutin jika mengalami berat badan yang lebih. Selain itu adalah pemeriksaan Kadar kolesterol dan juga Skrining diabetes. Karena diabetes merupakan faktor risiko untuk mengembangkan penyakit jantung, Anda mungkin ingin mempertimbangkan yang diskrining untuk diabetes.

Bersambung ke bagian : Manfaat Rajin Berolahraga Bagi Kesehatan.

Itulah beberapa langkah-langkah terbaik yang dapat saya tuliskan untuk sahabat netter. Semoga dapat bermanfaat dan sekian dulu dari saya serta silahkan di Share ke sahabat yang lain, bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah atau dengan media sosial lain yang anda punya. Sampai ketemu di lain waktu dan tetap Stay tune di NetterKu.com untuk membaca informasi yang lebih menarik lagi, Thanks!

Subscribe to receive free email updates: