Tips Segar dan Sehat Selama Puasa

Inilah 7 Tips Segar dan Sehat Selama Berpuasa - Bulan puasa akhirnya datang juga, dan saya bisa hadir untuk menuliskan sedikit tips kepada sahabat NetterKu sekalian. Pada saat anda dilarang untuk Makan dan Minum dari terbit fajar sampai tenggelam matahari merupakan sesuatu tantangan yang harus anda jalani. Ketika menjalankan Puasa memang banyak tantangan dan rintangan, tidak hanya makan dan minum melainkan banyak hal ketika beraktifitas. Sehingga ketika menjalankannya selalu dijadikan alasan untuk tidak bekerja Maksimal karena badan dalam keadaan lemas, lesu, mengantuk dan sebagainya yang menurunnya Produktivitas kerja.

Harus Heppy walaupun Puasa Berjalan - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Hal ini karena adanya perilaku yang tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar dan menjadi kebiasaan selama anda mengikuti kegitan puasa, seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan yang berlebihan pada saat berbuka, kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran, tidur seharian sampai lupa berolahraga. Untuk mengatasi hal tersebut, dan tidak berlanjut di kemudian hari, anda perlu mengatur pola makan dan minum anda. Berikut ini akan saya tuliskan tips bagus agar anda tetap sehat dan segar ketika berpuasa. Chekidot tips-nya di bawah ini.

Saat Sahur.

# 1. Setelah makan sahur jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Hal ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan anda.

# 2. Agar anda mampu menahan rasa lapar, perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

# 3. Upayakan untuk mencegah Dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas kita cenderung banyak mengeluarkan keringat baik di luar ruangan atau di ruangan AC.

# 4. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Walau menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Saat berpuasa bahan makanan penghasil energi utama seperti karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan protein yang masuk ke tubuh kita relatif tidak sebanyak hari-hari biasa.

# 5. Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (Cuka, Cabai dan Asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

# 6. Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya anda juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

# 7. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau anda sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

Saat Berbuka.

# 1. Setelah berbuka puasa jangan langsung tidur. Tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.

# 2. Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.

# 3. Sedangkan bagi mereka yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar (daun singkong, daun pepaya).

# 4. Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

# 5. Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.

# 6. Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak kaget. Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat karena lambung membutuhkan ruangan kosong untuk mencerna makanan. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

# 7. Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya anda menghindari makanan yang manis-manis, seperti Dodol, Sirup, Cokelat, Kue Tar, Es Krim. Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.

Bersambung ke bagian : Tips Ampuh Memikat Hati Cewek

Itulah beberapa Tips dan Trik yang perlu sobat NetterKu praktekkan agar ketika menjalankan Puasa stamina anda tetap baik. Selamat mencoba dan tentunya selamat menjalankan ibadah Puasa bagi yang menjalankannya. Silahkan anda bagikan kepada sahabat yang lain bisa via Facebook, Twitter, Google Plus dan media sosial lainnya yang anda gunakan. Sampai ketemu di lain waktu dan tetap setia berkunjung di Blog NetterKu.com, Thanks!

Subscribe to receive free email updates: