Jenis Makanan Untuk Diet Seimbang

Jenis Makanan Untuk Diet Seimbang - Pokok utama dari informasi ini adalah untuk mendapatkan jenis yang tepat dan jumlah makanan dan minuman untuk memasok nutrisi dan energi untuk menjaga sel-sel tubuh, jaringan dan organ, dan untuk mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan normal. Inilah salah satu metode yang baik untuk diet. Dengan melakukan diet yang seimbang maka akan memberikan energi yang cukup dan nutrisi untuk tumbuh kembang yang optimal. Hal ini sangat penting untuk anda perhatikan yaitu asupan makanan dan minuman ketika sedang melakukan diet, jangan sempai ada yang berlebihan.

Inilah Makanan dan Buah-buahan yang Cocok untuk Diet - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Yahoo.com

Dengan memperhatikan asupan nutrisi seperti jenis makanan yang memberikan kalori pada tubuh, meskipun dibatasi tapi tubuh anda tidak boleh kekurangan sehingga anda dapat menentukan jenis makanan sesuai dengan kelompok nutrisi untuk memudahkan anda dalam mengatur menu diet. Anda mungkin ingin tahu apa jenis makanan yang dapat dikelompokan untuk diet seimbang, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Jenis Makanan Untuk Diet Seimbang


# 1. Jenis Susu.


Adapun kelompok susu terdiri dari keju yang bebas lemak atau rendah lemak (1%), susu atau buttermilk yang mengandung bebas lemak (Skim) atau rendah lemak (1%) dan Yogurt bebas lemak atau rendah lemak baik yang beku atau biasa.


# 2. Daging dan Kacang-kacangan.


Keseimbangan menu diet anda bisa didapat dari kelompok daging dan kacang-kacangan sepeti kacang polong, kacang almond, hazelnut, selai kacang, biji bunga matahari atau kenari. Pilihan makanan olahan kacang seperti tahu dan tempe bisa menyeimbangkan diet. Bila anda memilih daging merah seperti sapi atau kambing pilih daging yang memiliki lemak sedikit. Hindari kulit dari daging unggas sebelum memasaknya anda dapat membuang kulitnya terlebih dahulu.


# 3. Jenis Buah-buahan.


Buah-buahan memiliki kandungan pemanis alami yang menyehatkan tubuh. Anda dapat memilih buah-buahan secara langsung atau dengan cara membuat jus buah seperti buah apel, aprikot, alpukat, pisang, berries, kurma, anggur, jeruk, mangga, melon, jeruk, peach, nanas, kismis dan buah-buahan kering lainnya tanpa pemanis.


# 4. Jenis Sayuran.


Sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh. Variasikan sayuran dengan warna yang berbeda seperti sayuran hijau, orange, putih, merah dan ungu. Anda dapat memilih Brokoli, kembang kol, wortel, mentimun, kacang hijau, selada, kentang, lobak, bayam, labu, ubi jalar, tomat. Anda bisa mendapatkan nutrisi dari sayuran dengan membuat jus sayuran dengan rendah gula.


# 5. Jenis Makanan Pokok.


Makanan pokok seperti nasi tidak bisa anda tinggalkan meskipun sedang berdiet. Apalagi kandungan karbohidrat akan menghasilkan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun anda sedang diet untuk menurunkan berat badan akan tetapi jika meninggalkan karbohidrat bukan pilihan tepat diet seimbang. Gantilah konsumsi nasi putih dengan nasi merah dengan kandungan serat yang lebih tinggi selain itu anda akan mendapatkan karbohidrat baik untuk diet dari beberapa makanan seperti roti gandum, sereal (panas dan dingin), bubur jagung atau pasta.


# 6. Jenis Minyak Untuk Diet.


Konsumsi jenis minyak yang berlebih tidak baik untuk diet, sehingga untuk anda yang akan melakukan diet disarankan untuk memilih minyak rendah lemak atau jenis minyak nabati yang dapat mendukung diet seimbang.


# 7. Air Mineral.


Diet yang seimbang sebenarnya tidak sulit hanya saja anda yang sudah terbiasa dengan kebiasaan buruk anda sehingga membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Anda dapat menyempurnakan diet seimbang dengan asupan air mineral 8 gelas perhari dalam membantu tubuh dalam proses metabolisme tubuh.

Bersambung ke bagian : Jenis Buah-Buahan yang Baik Untuk Diet


Itulah yang perlu sahabat netter perhatikan kalau sedang melakukan jadwal diet. Selamat berjuang dan jangan mudah putus asa untuk mendapatkan bentuk tubuh yang anda inginkan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Thanks!