Tips Tidur Nyenyak Bagi Para Insomnia

Tips Tidur Nyenyak Bagi Para Insomnia - Tidur dengan nyaman dan nyenyak merupakan salah satu kebutuhan yang lumrah oleh setiap makluk hidup. Namun tidak semua orang dapat memperoleh hal tersebut, ada saja orang yang sering mengalami kesulitan berulang untuk melakukan aktivitas tidur, inilah yang dinamakan Insomnia. Padahal, jika jam tidur kita berkurang, tentu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh yang membuat kita lemah, letih dan lesu.

Salah Satu Contoh Penderita Insomnia - www.NetterKu.com : Menulis di Internet untuk saling berbagi Ilmu Pengetahuan!
Sumber Gambar : Internet - Google

Penderita Insomnia ini sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya Permasalahan Psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang Kontra Produktif mengenai tidur. Untuk menghilangkan kontra produktif tersebut anda bisa mencoba beberapa tips yang ada di bawah ini.

Cara Tidur Aman dan Nyenyak


#1. Tentukan Waktu Tidur.


Usahakan untuk pergi ketempat tidur pada waktu yang telah ditetapkan, tidur sebelum jam 11 malam dan bangun pada pagi hari, lakukan setiap hari termasuk akhir pekan. Jika jadwal tidur ini di langgar maka akan mengakibatkan insomnia.


#2. Olah Raga Sebelum Tidur.


Cobalah untuk melakuka latihan ringan kira-kira 20 sampai 30 menit sehari. Berolahraga setiap hari akan membantu orang mudah untuk tidur. Cobalah untuk melakukan latihan sekitar 5 sampai 6 jam sebelum anda pergi ketempat tidur.

#3. Bersantai Sebelum Tidur.


Lebih baik mandi air hangat, membaca, atau melakukan rutinitas lain yang membuat anda lebih mudah untuk tertidur pulas. Anda dapat melatih diri sendiri untuk menghubungkan beberapa kegiatan istirahat dengan tidur dan membuatnya sebagai bagian dari program tidur anda.


#4. Mengontrol Suhu Kamar.


Mempertahankan suhu yang nyaman di kamar tidur sangatlah perlu dilakukan. Suhu yang panas mungkin akan mengganggu tidur atau mencegah anda untuk tidur.


#5. Hindari Obat-obatan Terlarang.


Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, coklat, soft drink, teh dan obat diet, karena kafein membuat orang terjaga dari tidurnya. Untuk yang sudah Merokok biasanya cenderung tidurnya hanya sebentar, dan sering bangun cepat pada pagi hari karena efek dari nikotin tersebut. Alkohol pun demikian, tidak bisa membuat tidur lebih lama atau membuat Mata selalu terjaga.


#6. Tidur Sampai Matahari Bersinar.


Jika memungkinkan, sinar matahari yang masuk dari jendela untuk membangunkan anda di pagi hari, atau menggunakan lampu yang terang dikamar anda. Bangun tidur dan langsung terkena sinar matahari pagi hari sangat baik bagi mereka yang mengalami masalah susah tidur.


#7. Jangan Berbaring Ditempat Tidur Jika Tidak Mengantuk.


Jika anda tidak bisa tidur, jangan berbaring di tempat tidur. Karena dapat menyebabkan kegelisahan yang menjadi tidak bisa tidur dan berpeluang terkena insomnia. Cobalah untuk melakukan sesuatu yang lain, seperti membaca, menonton televisi, atau mendengarkan musik, sampai anda merasa lelah.


#8. Pergi Ke Dokter Jika Masalah Tidur Anda Tidak Terselesaikan.


Jika anda mengalami masalah susah untuk tidur pada malam hari, atau jika anda selalu merasa lelah pada keesokan harinya, maka anda mungkin membutuhkan seorang dokter. Perawatan dari dokter mungkin dapat membantu anda, Kebanyakan gangguan tidur dapat diobati secara efektif, sehingga pada akhirnya membantu anda mendapatkan tidur yang baik pada malam hari.

Bersambung ke bagian : Tips Alami Menghilangkan Tahi Lalat


Itulah beberapa tips yang dapa saya berikan kepada anda yang punya gejala Insomnia. Semoga gejala tersebut bisa cepat sembuh dan bisa kembali tidur dengan nyenyak. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada sahabat netter yang lain bisa melalui button Facebook, Twitter, Google+ yang ada di bawah artikel dengan menyantumkan link URL blog ini sebagai sumber. Tetap stand by di NetterKu.com dan sampai ketemu di lain waktu, Thanks!

Subscribe to receive free email updates: